Image of Strategi Belajar - Mengajar Praktis Untuk Kelas Berpikir

Text

Strategi Belajar - Mengajar Praktis Untuk Kelas Berpikir



BAB 1:PRINSIP-PRINSIP BELAJAR AKTIF DAN BERPIKIR KRITIS
Kegiatan Mengajar Paling Produktif
Mengelola Pengajaran untuk Kegiatan Belajar Aktif
Berpikir Kritis
Lingkungan Kelas
Cara Membuat Program Belajar Sebaik Ini
BAB 2:METODE DAN STRATEGI MENGAJAR
Pelajaran Inti dan Cara Membacanya
PELAJARAN INTI KESATU:BELAJAR INFORMASI DARI TEKS
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Tinjauan Terstruktur
Tahu/Ingin Tahu/Belajar (T-I-B)
Membaca Berpasangan/Merangkum Berpasangan
Garis Nilai
Tulisan-Cepat
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Apa? Lalu Apa? Sekarang Apa?
Bertukar-Gagasan (Brainstorming)
Bertukar-Gagasan Secara Berpasangan
Papan Pertanyaan
Pencarian Pertanyaan
PELAJARAN INTI KEDUA: MEMAHAMI TEKS NARASI
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Aktivitas Membaca Terarah (AMT)
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Aktivitas Berpikir-Membaca Terarah (AB-MT) dan Bagan
PELAJARAN INTI KETIGA: BELAJAR KOOPERATIF
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Berbaur/Berhenti/Berpasangan
Membaca Cermat dengan Menandai Teks
Jigsaw
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Peran dalam Kelompok Kooperatif
Kesepakatan Komunitas
Pena di Tengah
Berjalan Berkeliling -Berbicara Berkeliling
Satu Diam/Tiga Bergerak
PR Kontroversi Akademik
Bertukar Masalah
Peran Khusus dalam Diskusi
Peran Diskusi untuk Subyek-subyek Lain
Prosedur Tanya-Jawab
Membaca dan Bertanya
KAHISDA Saling Mengajar
Fokus Terus-Menerus: Aktivitas Pemanasan
Perburuan
Bakat Terpendam
Dua Kebenaran dan Satu Kebohongan
Aku Cinta Kamu, Sayang (untuk Kelompok Ukuran Berapapun)
Bicaralah Padaku (untuk Kelompok Beranggotakan hingga 30)
Lihatlah, Mon!
PELAJARAN INTI KEEMPAT: MELAKUKAN DISKUSI
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
Jaringan Diskusi
METODE
Prediksi dari Berbagai Istilah
Aktivitas Berpilir-Mendengar Terarah
Pendekatan Penyelidikan Bersama
Jaringan Diskusi
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Debat
Simpanlah Kata Terakhir
PELAJARAN INTI KELIMA: MENULIS DAN MENYELIDIDIKI
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
METODE
Prosedur Pencarian Informasi
Format Makalah Investigatif Pencarian Informasi
Metode Lebih Lanjut dalam Mengajar Penulisan
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Belajar Melayani
PELAJARAN INTI KEENAM:MENULIS UNTUK MEYAKINKAN
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Menulis Persuasif
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Menulis untuk Belajar: Paft (Peran, Audiens, Format, Topik)
Fokus Terus-Menerus: Berbagai Metode Lain dalam Menulis
Tulisan-Cepat
Tulisan Bebas
Buku Harian Lema-Ganda
Buku Harian Catatan Belajar
PELAJARAN INTI KETUJUH: MEMAHAMI ARGUMEN
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini
PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Bagan-M
Pelajaran Terfokus Ihwal Argumentasi
VARIASI DAN METODE TERKAIT
Mengkritisi Teks Narasi
PELAJARAN INTI KEDELAPAN: MENDENGARKAN SECARA KRITIS
Bagaimana Membaca Pelajaran Ini PELAJARAN
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
METODE
Kelompok Fishbowl dan Ceramah Singkat Utuh dengan Bagan-M
VARIASI DAN METODE TERKAIT Bertanya Ala Sokrates
BAB 3: PERENCANAAN PELAJARAN DAN PENILAIAN
1.PERENCANAAN PELAJARAN
Otentitas, Pilihan, dan Komunitas Merencanakan Pengajaran
Merencanakan Pelajaran Individual
Soal-soal Awal
Aktivitas
Soal-soal Manajemen
Sample Lesson Plan
Soal-soal Awal
Unit Tematis Pengajaran
Langkah-langkah dalam Mengembangkan Unit Tematis
Contoh Unit Tematis
2. PENILAIAN
Penilaian atas Berpikir Kritis dan Belajar Aktif
Penilaian dalam Lingkungan Belajar Aktif
Langkah-langkah Menyederhanakan Penilaian Selama Belajar Aktif
Menilai Kualitas Berpikir Siswa Melalui Produk Tertulis
Mengembangkan Berbagai Rubrik
Penilaian Diri untuk Guru
BAB 4: MENGAJAR DALAM DAN LINTAS DISIPLIN ILMU
1. MEMBACA DAN MENULIS UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM STUDI SASTRA
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
Penjelasan dan Pembahasan
Peran Dramatis
2. MEMBACA DAN MENULIS UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM MATEMATIKA
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
Strategi Antisipasi untuk Matematika
Strategi-strategi Mengajar Khusus Disiplin
3. MEMBACA DAN MENULIS UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM SAINS
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
Strategi-strategi Mengajar Khusus Disiplin
4 .MEMBACA DAN MENULIS UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM SENI
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
5.DALAM MENGAJAR ANTAR-DISIPLIN ILMU
Antisipasi
Membangun Pengetahuan
Konsolidasi
6. BELAJAR AKTIF SENDIRI: KETERAMPILAN BELAJAR UNTUK SISWA
APENDIKS 1: STANDAR KINERJA DAN RUBRIK GURU DANSISWA
1. STANDAR DAN RUBRIK SISWA
Standar Pertama
Standar Kedua
Standar Ketiga
Standar Keempat
Standar Kelima
Standar Keenam
2. STANDAR DAN RUBRIK GURU
Standar Pertama
Standar Kedua
Standar Ketiga
Standar Keempat
Standar Kelima
Standar Keenam
APENDIKS 2: TEKS-TEKS BAHAN DISKUSI - Glosarium
Indek
Senarai Rujukan


Ketersediaan

3713ALAs371.3 ALA sPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 ALA s
Penerbit Penerbit Nuansa Media : Bandung.,
Deskripsi Fisik
x + 426 hlm ; 15,5 x 23,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-350-903-4
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya