Image of POLA PEMBELAJARAN 9 PILAR KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DAN DIMENSI-DIMENSINYA

Text

POLA PEMBELAJARAN 9 PILAR KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DAN DIMENSI-DIMENSINYA



BAB 1
PENDAHULUAN
A. Usia Dini Sebagai The Golden Age dalam Pendidikan Karakter
B. Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam
1. Mengumandangkan Adzan di Telinga Bayi
2. Memberi Anak dengan Nama yang Baik
3. Mengakikahi Anak
4. Memperkenalkan Keteladanan yang Baik
5. Memberikan Ciuman kepada Anak
6. Anak Dilatih Menepati Janji
7. Anak Dilatih Kerja Sama
8. Anak Dilatih Sifat Keberanian
C. Pendidikan Karakter dalam Kajian Terdahulu
D. Metodologi Kajian
ВАВ ІІ
9 PILAR KARAKTER DAN POLA PEMBELAJARANNYA (MODEL
RATNA MEGAWANGI)
A. Urgensi Penanaman Karakter dengan 9 Pilar B. Internalisasi 9 Pilar Karakter
1. Pilar 1 Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya
(Love God and All His Creation)
2. Pilar 2 Mandiri, Disiplin, dan Tanggung Jawab
(Independent, Self Disciplined, and Responsible)
3. Pilar 3 Jujur, Amanah, dan Berkata Bijak
4. Pilar 4 Hormat, Santun, dan Pendengar yang Baik
5. Pilar 5 Dermawan, Suka Menolong, dan Kerja Sama
6. Pilar 6 Percaya Diri, Kreatif, dan Pantang Menyerah
7. Pilar 7 Pemimpin yang Baik dan Adil 8. Pilar 8 Baik dan Rendah Hati
9. Pilar 9 Toleran, Cinta Damai, dan Bersatu
C. Penanaman 9 Pilar Karakter dalam Keluarga
BAB III
MODEL SINERGIS-KOLABORATIF PENANAMAN 9 PILAR
KARAKTER
A. Penciptaan Budaya Sekolah Berkarakter
B. Tanggung Jawab Bersama Guru dan Orangtua
BAB IV
PERANAN IBU DALAM MENDIDIK KARAKTER ANAK PADA
MASA KINI
A. Pendahuluan
B. Peran Ibu dalam Pendidikan
C. Peran Kepengasuhan Ibu
BAB V
PERAN DAN TUGAS GURU PAUD
A. Pendahuluan
B. Peran Pendidik PAUD
C. Keterampilan Khusus Guru PAUD
BAB VI
STRATEGI DAN TRILOGI PERSIAPAN MENDIDIK ANAK USIA DINI
A. Pendahuluan
B. Pentingnya Strategi Mendidik Anak Usia Dini
1. Sebersih-bersih Tauhid
2. Setinggi-tinggi Ilmu Pengetahuan
3. Sepandai-pandainya Siyasah
BAB VII
KEPEMIMPINAN KEPENDIDIKAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PADA PAUD
A. Pendahuluan
B. Lokus Makna kepemimpinan
C. Kepemimpinan Pendidikan pada PAUD
D. Jenis-jenis Peranan kepemimpinan Kependidikan dalam PAUD
1. Peranan Sebagai Direktur Eksekutif/Pemimpin Pelaksana
(Executive Director)
2. Peranan Pemimpin Sebagai Pemimpin Program
(Program Director)
3. Peranan Sebagai Koordinator Pendidikan
4. Peranan Sebagai Kepala Sekolah/Koordinator Guru
(Head Teacher)
5. Peranan Sebagai Guru
6. Peranan Pemimpin Sebagai Penanggung Jawab Training
dari Perguruan Tinggi (College Supervisor)
7. Peranan Pemimpin Sebagai Penasihat Perkumpulan/ Asosiasi Perkembangan Anak (Child Development Assosiate
(CDA) Advisor)
8. Sebagai Konsultan (Consultant)
BAB VIII
TEKNIK-TEKNIK PENGEMBANGAN BAHASA BAGI ANAK
A. Pendahuluan
B. Aspek-aspek Perkembangan Bahasa Anak
C. Teknik-teknik Penanganan Gangguan Berbahasa pada Anak
D. Langkah-langkah Pengembangan Kompetensi Bahasa
BAB IX
DIMENSI KEBERAGAMAN PERKEMBANGAN PRIBADI DAN SOSIAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
A. Pendahuluan
B. Makna Keragaman Pribadi
C. Pengaruh Perbedaan Budaya dan Etnis Terhadap Keragaman Perkembangan Pribadi dan Sosial
D. Pengaruh Perbedaan Jender terhadap Keberagaman Perkembangan Pribadi dan Sosial
E. Pengaruh Perbedaan Sosio Ekonomi Terhadap Keragaman Perkembangan Pribadi dan Sosial
DAFTAR PUSTAKA
PARA PENULIS


Ketersediaan

37221ENDp372.21 END pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.21 END p
Penerbit Kencana : jakarta timur.,
Deskripsi Fisik
xiv, 15 x 22 cm + 256 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-371-1
Klasifikasi
372.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya