Image of METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF & KUALITATIF

Text

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF & KUALITATIF



BAGIAN PERTAMA PENDAHULUAN BAB 1 PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF
DAN METODE GABUNGAN A Hakikat Penelitian
1. Penelitian Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah
2. Proses Sistematik Penelitian
3. Aktivitas dalam Proses Penelitian
B. Elemen Penelitian
1. Tuntutan Pengetahuan Alternatif
(Alternative Knowledge Claims)
2. Strategi Penelitian
3. Metode Penelitian
C Tiga Pendekatan Penelitian
D. Kriteria Pemilihan Suatu Pendekatan
1. Kesesuaian antara Masalah dan Pendekatan
2 Pengalaman Personal 3. Audiens
Daftar Pustaka
BAGIAN KEDUA: PENELITIAN KUANTITATIF BAB 2 PENELITIAN KORELASIONAL SURVEI
A. Pengertian
B. Proses Dasar Penelitian Korelasional
1. Pemilihan Masalah
2 Sampel dan Pemilihan Instrumer.
3. Desain dan Prosedur
4. Analisis Data dan Interpretasi
C. Macam Studi Korelasional
1. Studi Hubungan
2. Studi Prediksi
3. Korelasi dan Kausalitas
4. Manfaat Penggunaan Metode Korelasional D. Rancangan Penelitian Korelasional
1. Korelasi Bivariat
2. Regresi dan Prediksi
3. Regresi Jamak (Multiple Regression)
4. Analisis Faktor
5. Rancangan Korelasional yang Digunakan
untuk Menarik Kesimpulan Kausal 6. Analisis Sistem (System Analysts)
E. Kesalahan dalam Penelitian Korelasional
F. Contoh Penelitian Korelasional
G. Contoh Analisis Jalur (Path Analysis)
Daftar Pustaka
BAB 3 PENELITIAN EKSPERIMENTAL
A. Pengertian
B. Karakteristik Penelitian Eksperimental
1. Manipulasi
2. Pengendalian
3. Pengamatan
C. Prosedur Penelitian Eksperimental
D. Validitas Eksperimental
1. Validitas Internal
2 Validitas Eksternal
F Desain Penelitian Eksperimental
1 Pengontrolan Variabe. Luar (Control of
Extraneous Variables)
2 Pemadanan (Matching) 3 Perbandingan Kelompok atau
Subkelompok Homogen
4. Penggunaan Subjek sebagai Pengendalian Din Mereka Sendiri
5. Analisis Kovarian
G. Jenis Desain Kelompok
1. Desain Pra-Eksperimental (Pre- Experimental Designs)
2. Desain Eksperimental Sebenarnya (True- Experimental Designs)
3. Desain Eksperimental Semu (Quasi- Experimental Designs)
H Contoh Penelitian Eksperimental
Daftar Pustaka
BAB 4 PENELITIAN KAUSAL KOMPARATIF (EX POST FACTOR)
A. Pengertian
B. Perbandingan antara Penelitian Kausal Komparatif, Korelasional, dan Eksperimental C. Kelebihan dan Kekurangan Penelitian
Kausal Komparatif
D. Prosedur Penelitian Kausal Komparatif E. Desain Penelitian Kausal Komparatif
F Prosedur Kontrol.
1. Pemadanan (Matching)
2. Perbandingan Kelompok Homogen
atau Subkelompok
3. Analisis Kovarian (Analysis of Covariance)
G. Analisis dan Interpretasi Data
H. Contoh Penelitian Kausal Komparatif
Daftar Pustaka
BAGIAN KETIGA: PENELITIAN KUALITATIF
BAB 5 PENELITIAN ETNOGRAFI
A. Pengertian
B. Konsep Kunci dan Peristilahan
C. Asumsi-asumsi
D. Prinsip-prinsip Metodologis Penelitian Etnografi
E. Etnografi sebagai Metode
F Prosedur Penelitian Etnografi :. Urutan Linear dalam Penelitian Ilmu Sosial
2. Siklus Penelitian Etnografi
G. Petunjuk Umum Pekerjaan Lapangan
H. Petunjuk Ringkas untuk Wawancara
1. Dokumen Lokasi
J. Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan
K. Deskripsi Kualitatif L. Penerapan Penelitian Etnografi dalam
Bidang Pengajaran Bahasa M. Contoh Penelitian Etnografi dalam
Pengajaran Bahasa N.. Contoh Lain Penelitian Etnografi
Daftar Pustaka
BAB 6 PENELITIAN GROUNDED THEORY "Teori Dasar"
A. Pengertian
B. Grounded Theory sebagai Metode Ilmiah
C. Prinsip-prinsip Metodologi Grounded Theory
1. Perumusan Masalah
2. Deteksi Fenomena
3. Penurunan Teori (Theory Generation)
4. Pengembangan Teori
5. Penilaian Teori (Theory Appraisal)
6. Grounded Theory yang Direkonstruksi
D. Metode Pengumpulan Data
E Proses Analisis Data
G. Contoh Penelitian Grounded Theory
Daftar Pustaka
BAB 7 PENELITIAN TINDAKAN
A. Pengertian
B. Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan
1. Kritik Reflektif
2. Kritik Dialektika
3. Sumber Daya Kolaboratif
4. Ambil Risiko
5. Struktur Jamak
6. Teori, Praktik, Transformas
C. Deain Penelitian Tindakan
D. Penelitian Tindakan dala
Paradigma Penelitian
1. Paradigma Positivist
2. Paradigma Interpretif
3. Paradigma Praxis
F. Evolusi Penelitian Tindakan G. Jenis Penelitian Tindakan
1. Penelitian Tindakan Tradisional
2. Penelitian Tindakan Kontekstural
3. Penelitian Tindakan Radikal 4. Penelitian Tindakan Bidang Pendidikan
H. Metode Penelitian Tindakan
1. Mempertimbangkan Pergantian Paradigma
2. Menetapkan Suatu Kesepakatan Penelitian Formal
3. Menyiapkan Suatu Pernyataan Masalah
Teoretis
4. Merencanakan Metode Pengumpulan Data
5. Memelihara Kolaborasi dan Pembelajaran
Subjek
6. Mengulangi Peningkatan
7. Membuat Generalisasi yang Berdasa
1. Peran Peneliti Tindakan
J. Pertimbangan Etis
K. Penerapan Penelitian Tindakan dalam
Pendidikan Bahasa
Daftar Pustaka
BAB 8 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
A. Pengertian
B. Penelitian Desain dan Pengembangan
sebagai Pengetahuan Ilmiah
C. Dasar-dasar Pengetahuan Desain dan Pengembangan
D. Ruang Lingkup Penelitian Desain dan Pengembangan
E. Metode dan Strategi Penelitian Pengembangan
F Langkah-langkah Penelitian dan
Pengembangan
1. Identifikasi Masalah
2. Pengumpulan Informasi
3. Desain Produk
4. Validasi Desain
5. Perbaikan Desain
6. Uji Coba Produk
7. Revisi Produk
8. Uji Coba Pemakaian
9. Revisi Produk Tahap Akhir
10. Produksi Massal
G. Model-model R & D
1. Model Dick & Carey (Borg & Gall, 1981) 2. Model Jolly & Bolitho
H. Contoh Pelaksanaan Penelitian dan
Pengembangan
Daftar Pustaka
LAMPIRAN
Critical Values of the Pearson Product-Moment Correlation Coefficient Table
Table of Critical Values for T
Critical Values of F Table
Table of Chi-square Statistics
z-Score Table
RIWAYAT HIDUP PENULIS


Ketersediaan

00142EMZm001.42 EMZ mPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42 EMZ m
Penerbit PT Rajagrafindo Persada : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 21 cm + 320 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-162-2
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya