No image available for this title

Text

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MIS MANARUL HUDA KOTA TASIKMALAYA



Dede Sri Mulyati. 1804046: Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya.

Hasil belajar merupakan akhir dari terselesaikannya proses pembelajaran di dunia pendidikan. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik guru harus berperan penting dalam mengelola kelas ketika proses pembelajaran. Proses pembelajaran di MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya masih ada guru yang belum dapat mengatur tempat duduk siswa dengan baik, masih ada sebagian sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IV MIS Manarul Huda pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 40 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Data pengelolaan kelas diambil dari angket dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 15 sedangkan data hasil belajar diambil dari hasil pre-test dan post-test sebanyak 18 soal, pada kelas kontrol 20 orang dan kelas eksperimen 20 orang. Untuk menganalisis datanya, peneliti menggunakan software SPSS versi 20. Berdasarkan perhitungan Faired Samples t-Test nilai Signifikansi (2- tailed) 0,000 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal (Pre Test) dengan Variabel Akhir (Post Test). Ini menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing Variabel.


Ketersediaan

l- 015l- 015Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
l- 015
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 67 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya