No image available for this title

Text

POLA ASUH ORANG TUA SISWA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA (STUDI KASUS DI MIN 2 KOTA TASIKMALAYA)



Lia Herawati. 1904217. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Interaksi Sosial Siswa (studi kasus MIN 2 Kota Tasikmalaya)

Pengasuhan orang tua sangat penting bagi anak dan akan mempengaruhi kehidupan anak hingga ia dewasa, oleh sebab itu orang tua hendaknya memperhatikan pemilihan pola asuh yang tepat sehingga anak memiliki Interaksi Sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku Interaksi Sosial Siswa MIN 2 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari empat subjek utama yaitu orang tua dari Dimas, Haikhsan, Ziva dan Naura serta informan yaitu: guru sekolah subjek. Dalam mengukur pembentukan Interaksi Sosial Siswa. Terdapat tiga dimensi pola asuh diantaranya pala asuh demokrtis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deksripsitf dengan pendekatan studi kasus yaitu penyajian dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang diterapkan Orang Tua Ziva dan Haura adalah pola asuh demokratis, Orang tua Dimas dengan pola asuh permisif, Orang tua Haikhsan dengan pola asuh otoriter. Interaksi sosial yang dimiliki anak dengan pola asuh demokratis antara lain: aktif, mandiri, mudah berbagi, mudah bergaul cepat dalam mengerjakan tugas, gembira, ceria sedangkan dan memiliki perilku sosial emosional memiliki jiwa pemimpin, mudah bergaul, aktif bertanya, antusias dan ekspresif. Sedangkan perilaku sosial dan emosional anak berdasarkan pola asuh otoriter antara lain memiliki perilaku sosial yang cenderung penurut, sedikit berbicara, dan pendiam tetapi ketika mengerjakan tugas anak tersebut lebih tepat waktu. Dan memiliki emosional cenderung kurang bisa bergaul mudah cemas dan takut. Dan perilaku sosial emosional anak berdasarkan pola asuh permisif antara lain Suka mencari perhatian, kurang antusias dalam belajar, susah diatur dan mudah menangis


Ketersediaan

I -027I -027Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I -027
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 52 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya