No image available for this title

Text

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN PERMAINAN EDUKATIF SMART CUBE



Perkembangan kognitif pada anak usia dini merupakan perubahan psikis yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir, Alat permainan edukatif merupakan media pembelajaran yang dibuat secara sengaja dirancang untuk pendidikan yang ditujukan membantu perkembangan anak APE Smart Cube salah satu alat permainan edukatif yang merupakan kegiatan pembelajaran tentang pengenalan angka, penjumlahan sederhana yang mudah dimainkan. Pembelajaran model eksisting jarang mengunakan APE sehingga anak tidak tertarik pada materi pembelajaran dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran hal ini mengakibatkan hasil belajar anak rendah, hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi awal terhadap anak-anak mencapai persentase 26,2%. Oleh karena itu guru perlu menimbulkan aktivitas anak dengan kreatifitas yang menarik dan menyenangkan. Pendekatan penelitian yang diambil menggunakan model penelitian tindakan kelas Pendekatan penelitian menggunakan model yang digunakan oleh Kurt Lewin yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TKA Nurul Huda yang berjumlah 12 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dalam penelitian pada siklus 1 mendapatkan nilai sebesar 29,52%, pada siklus II dengan persentase 56,6% pada siklus III dengan persentase 83,3% Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran dapat mempengaruhi anak usia 5-6 tahun dalam kemampuan kognitif berpikir simbolik anak


Ketersediaan

I - 050I - 050Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 050
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 111 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya