Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPELEMENTASI NILAI-NILAI SYAJA'AH (KEBERANIAN) PADA SISWA KELAS XI MA NAHDATUL ULAMA KOTA TASIKMALAYA
Berdasarkan studi penelitian di MA Nahdatul Ulama Kota Taskmalaya dipelajari mengenai materi sya'ah Tujuannya untuk mendapatkan gambaran awal mengenai pemahaman dan akhlak sinwa di kelas XI IPS MA Nabdatul Ulama Secara unum siswa mengikuti materi terschut dengan baik, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi yuja on (keberanian) pada siswa kelas XI IPS MA Nahdatul Ulama
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi nilai- nilai syujo 'ah pada siswa kelas XI IPS MA Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam unplementasi nilai nilai syaja ah pada siswa kealas XI di MA Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya
Penelitian ini didasari pada suatu pernikiran bahwa seseorang akan berprilaku atas apa yang ia mengerti dan pahami. Seseorang yang memahami maters syaja'ah tentu akan menerapkan prilaku syaja ah dalam keludupan sehari-harinya sebagai benruk dari pemahamannya.
Penlitian ini menggunakan metode deskriftıf sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi serta dokumentası Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan (verifikasi), penegeekan keabsahan temuan dilakukan dengan Teknik triangulasi. Informan penelitian yaitu siswa dan Guru mata pelajaran Aqidah.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa. (1) Implementasi Nilai-nilai syaja'ah (keberanian) pada siswa kelas XI MA Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya telah terlaksana, hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai karakter yang melekat pada siswa seperti berani melakukan kebaikan, berani jujur, bertanggung jawab, dan lain- lain (2) faktor pendukung implementasi nilai-nilai syaja'ah (keberanian) adalah pemahaman peserta didik terhadap materi sayja'ah yang diberikan di kelas, kegiatan tambahan atau ekstrakulikuler yang mendukung pengimpelementasian nilai-nilai syaja'ah menjadi lebih maksimal. Dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai syaja'ah yaitu latar belakang yang berbeda-beda sehingga jika kegiatan yang ada di sekolah tidak diterapkan atau tidak di dukung di rumah maka akan kurang maksimal, para orang tua terlalu mempercayaan ke pihak sekolah sehingga kurang adanya tindak lanjut pembiasaan yang telah dilaksanakan di sekolah.
Kata Kunci: Syaj'ah (Keberanian), Siswa.
Ketersediaan
01175DIKi | 011.75 DIK i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 DIK i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain