Image of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS
INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)
(Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MAN 1 kota
Tasikmalaya)

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MAN 1 kota Tasikmalaya)



Siti Deti Safitri, NIM. 1901071, ΙΑΙ Tasikmalaya, skripsi yang berjudul "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MAN I KOTA TASIKMALAYA)"

Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran di MAN I Kota Tasikmalaya menunjukan kreativitas belajar yang rendah. Hal tersebut tampak dari sejumlah hal seperti cara belajar yang monoton, kemauan siswa yang rendah untuk mengubah perilaku belajar dikelas, dan kebiasaan meniru pekerjaan teman satu kelas yang masin sering dilakukan oleh para siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran berbasis ICT adalah salah satu alternatif dari permasalahan yang terjadi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Information Communication Technology (ICT) terhadap kreativitas belajar siswa di MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini ditujukan pada peserta didik kelas X di MAN I Kota Tasikmalaya dengan sampel 84 peseerta didik. Penelitian ini menggunakan metode suvey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang terkumpul menggunakan observası, dokumentası dan angket Instrument yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Teknik Analisa menggunakan kerelasi product moment pada taraf signifikan 5%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran ICT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar peserta didik. dapat diketahui angka korelasi (r) sebesar 0,903. Dari angka tersebut dapat dicari besarnya koefisien determinasi yang menunjukan pengaruh antara model pembe; ajaran ICT (variabel X) terhadap kreativitas belajar siswa (variabel Y) rumus KP r x 100%, dimana (KP adalah koefisien penentu atau determinan dan r adalah koefisien korelası) KP -rx 100% KP- 0,903 x 100%-81,5%. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat di di sin simpulkan bahwa kreativitas belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran ICT sebesar 81,5% sedangkan sisanya 18,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti.

Dari hasıl uji-1 dapat dilakukan pembahasan hipotesis yang diajukan sebagai berikut ini yaitu model pembeljaran berbasis ICT berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa MAN 1 Kota Tasikmlaya. Hasil analisis linier regresi sederhana menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasisis ICT memiliki thitung (0,903) > tabel (0,220) terhadap kreativitas belajar di MAN I Kota Tasikmlaya.

Kata Kunci: ICT, Kreativitas Belajar


Ketersediaan

01175SDSi01011.75 SDS iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 SDS i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya