Image of PENGARUH PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 1 DI SDN SUKAMULYA
KECAMATAN CISAYONG KABUPATEN TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 1 DI SDN SUKAMULYA KECAMATAN CISAYONG KABUPATEN TASIKMALAYA



Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang amat penting yang berkenaaan dengan aspek sikap dan nilai, antara lain: akhlak dan keagamaan juga menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah Hakikat mata pelajaran PAI adalah disiplin ilmu pendidikan yang berlandaskan ajaran Islam, yang teori dan konsep digali dan dikembangkan melalui pemikiran dan penelitian ilmiyah berdasarkan petunjuk Al-Qur'an dan As-Sunnah Hukum yang dibahas dalam PAl salah satunya yaitu Hormat Patuh terhadap orang tua dan guru. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru merupakan sikap dimana anak atau murid selalu taat dan patuh terhadapnya, dan juga tidak menyakiti hatinya. Hal ni sebagai bentuk realisasi dari perintah Allah dan Rasul-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran bersiklus (Hypnoteaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Penelitian ini merupakan penelitian exprimental design dengan rancangan One- group Pretest-Posttest Design Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Sukamulya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya. Sampel yang digunakan dua sampel, yang dimaksud dua sampel disini adalah sampel yang sama namun mempunyai dua data yaitu data pretest dan postest Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice dan analisis yang digunakan adalah uji-1. Berdasarkan hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa diterapkannya model pembelajaran bersiklus (Hypnoteaching) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai bahwa sig (2-tailed) adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0.05), maka Ha diterima, Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajarn bersiklus (Hypnoteaching) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Perilaku Terpuji di kelas I SDN Sukamulya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Bersiklus (Hypnoteaching), Hasil Belajar.


Ketersediaan

01175APBp01011.75 APB pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 APB p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya