Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 8 TASIKMALAYA)
WILDA SAROРАП М. 1901198. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 8 TASIKMALAYA)
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 8 Tasikmalaya. Peneliti menemukan permasalahan dilapangan yaitu guru seringkali mendapat berbagai permasalahan siswa yang beragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun tidak sedikit pula siswa yang mengalami berbagai kesulitan belajar. Peneliti menduga hal tersebut disebabkan oleh metode yang digunakan olch para pendidik dalam menyampaikan metode terkesan verbal dan monoton atau guru hanya menggunakan metode ceramah saja tidak menerapkan metode yang menarik minat siswa Oleh karena itu, diperlukanya upaya pengembangan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan memperkuat daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari. Peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajran kooperatif tipe snowball throwing, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan. Snowball throwing tersebut saya menggunakan teori dari Agus Suprijono dalam bukunya "Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM" Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder dengan metode eksperimen. Data yang diperoleh melalui tes pretest dan posttest kelas X MIPA 3 sebanyak 30 siswa dan kelas X MIPA 5 sebanyak 30 siswa dengan jumlahh soal yang telah divalidasi yaitu 35 soal. Anlisis hasil uji t, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,90. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 78,60. Hasil posttest tersebut menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas ekperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (86.90 > 78.60), maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa studi kasus di SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci: model Kooperatif, Snowball Throwing, prestasi belajar siswa
Ketersediaan
01175WSMp01 | 011.75 WSM p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 WSM p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain