Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE 
SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR
SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 8 TASIKMALAYA)

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 8 TASIKMALAYA)



WILDA SAROРАП М. 1901198. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 8 TASIKMALAYA)

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 8 Tasikmalaya. Peneliti menemukan permasalahan dilapangan yaitu guru seringkali mendapat berbagai permasalahan siswa yang beragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun tidak sedikit pula siswa yang mengalami berbagai kesulitan belajar. Peneliti menduga hal tersebut disebabkan oleh metode yang digunakan olch para pendidik dalam menyampaikan metode terkesan verbal dan monoton atau guru hanya menggunakan metode ceramah saja tidak menerapkan metode yang menarik minat siswa Oleh karena itu, diperlukanya upaya pengembangan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan memperkuat daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari. Peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajran kooperatif tipe snowball throwing, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan. Snowball throwing tersebut saya menggunakan teori dari Agus Suprijono dalam bukunya "Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM" Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder dengan metode eksperimen. Data yang diperoleh melalui tes pretest dan posttest kelas X MIPA 3 sebanyak 30 siswa dan kelas X MIPA 5 sebanyak 30 siswa dengan jumlahh soal yang telah divalidasi yaitu 35 soal. Anlisis hasil uji t, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,90. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 78,60. Hasil posttest tersebut menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas ekperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (86.90 > 78.60), maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa studi kasus di SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.

Kata kunci: model Kooperatif, Snowball Throwing, prestasi belajar siswa


Ketersediaan

01175WSMp01011.75 WSM pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 WSM p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya