Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA BABAKAN TENGAH KOTA TASIKMALAYA
Rahmania Nur Aulanisa 1901159.
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya. Skripsi. Tasikmalaya: Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam (IAI) Tasikmalaya, 2023. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris dan Pembimbing II Ita Anggraeni
Pengaruli pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dilatar belakangi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Kenyataan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi. Pendekata penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberi perlakuan kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi Dari hasil uji pertama pretest yang dilakukan dapat diketahui nilai signifikansi (sign2-tailed) adalah 0,331 ≥ 0.05, maka Ho diterima karena tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya postest yang dilakukan dapat diketahui nilai signifikansi (sign2-tailed) adalah sebesar 0,043 ≤ 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara kemampuan komunikasi siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan pembelajaran konvensional Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H, diterima. Artinya, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dari pada kemampuan komunikasi yang tidak menggunakan pendekatan saintifik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Komunikasi.
Ketersediaan
01175RNAp01 | 011.75 RNA p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 RNA p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain