Image of PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP
KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA
PELAJARAN SKI KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA
BABAKAN TENGAH KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA BABAKAN TENGAH KOTA TASIKMALAYA



Rahmania Nur Aulanisa 1901159.

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya. Skripsi. Tasikmalaya: Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam (IAI) Tasikmalaya, 2023. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris dan Pembimbing II Ita Anggraeni

Pengaruli pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dilatar belakangi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Kenyataan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi. Pendekata penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberi perlakuan kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi Dari hasil uji pertama pretest yang dilakukan dapat diketahui nilai signifikansi (sign2-tailed) adalah 0,331 ≥ 0.05, maka Ho diterima karena tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya postest yang dilakukan dapat diketahui nilai signifikansi (sign2-tailed) adalah sebesar 0,043 ≤ 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara kemampuan komunikasi siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan pembelajaran konvensional Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H, diterima. Artinya, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dari pada kemampuan komunikasi yang tidak menggunakan pendekatan saintifik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V MI Miftahul Huda Babakan Tengah Kota Tasikmalaya.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Komunikasi.


Ketersediaan

01175RNAp01011.75 RNA pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 RNA p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya