Image of ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA
DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HAMAS
(HIMPUNAN AKTIVIS MASJID ASSALAM) DAN 
IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Text

ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HAMAS (HIMPUNAN AKTIVIS MASJID ASSALAM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



Devi Lestari 1901179 Analisis Nilai-Nilas Moderasi Beragana dalam Kegiatan Ekstrakurikuler ILAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penclitian di SMAN 5 Kota Tasikmalaya) Skripsi Tasikmalaya Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tasikmalaya (JAIT), 2023

Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berfikir bahwa hadirnya moderasi beragama di Indonesia merupakan salah satu argumen penting, mengingat peserta didik di sekolah-sekolah sangat beragam dan multikultural Tujuan penelitian im adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama yang ada pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya (2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai moderasi beragama pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya dengan Pendidikan Agama Islam (3) Untuk mengetahui implikasi nilai-nilai moderasi beragama pada kegiatan ckstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti mempelajari bagaimana pola kehidupan dilaksanakan serta bagaimana tingkah laku manusianya, tentang apa yang dikatakan dan dikerjakan, sebagai hasıl bagaimana manusia mengartıkan kehidupannya. Sedangkan untuk metode penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelti memberikan gambaran atau mendeskripsikan hasil pengamatan yang diperoleh dari data yang terkumpul kemudian dianalisa dan menjelaskan dengan kata-kata, peristiwa, kegiatan Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai-nilai moderasi yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya adalah nilai tawassut (pertengahan), syura (musyawarah), tasamuh (toleransi), islah (kedamaian), tawazun (keseimbangan) Relevansi nilai-nilai tersebut sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam, nilai-nilai tersebut juga ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah. Implikasi nilai-nilai moderası beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya adalah para aktivis HAMAS cenderung lebih aktif dalam pembelajaran PAI di kelas, memiliki toleransi yang tinggi, dan paham batasan toleransi beragama, memiliki keseimbangan dalam pola pikir dengan tidak bersikap ekstrim dan anti kekerasan, tidak hanya mementingkan ilmu akhirat saja tetapi ilmu dunia juga, dan mampu menjadi tedalan yang baik (qudwah) untuk para siswa lainnya.

Kata Kunci: Moderasi beragama, Implikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Ketersediaan

01175DEVa01011.75 DEV aPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DEV a
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya