No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIO TUTORIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PADA MATA PELAJARAN FIQIH)



Berbicara mengenai proses pembelajaran dan pengajaran, kita menyadari bahwa ada siswa yang baik/mampu memiliki tingkat hapalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, namun kenyataan mereka sering kurang memahami dan mengerti secara mendalam pengetahuan yang bersifat hapalan tersebut. Untuk itu dalam pembelajaran diperlukan metode atau model yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, dengan pemilihan metode atau model yang tepat dan efektif sangat diperlukan guna mewujudkan hasil belajar yang baik. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran audio tutorial. Model audio tutorial merupakan proses belajar dengan memanfaatkan alat bantu audiovisual yang sangat membantu siswa untuk memahami pelajaran, dengan peralatan audiovisual dan petunjuk pembelajaran, memungkin peserta didik bekerja mandiri. Penelitian ini mempunyai tujuan pokok yaitu untuk mengetahui sejauh mkana pengaruh penerapan model pembelajaran audio tutorial terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran fiqih di MTs.Munawarotul Hidayah Cikalong . Yang menjadi dasar pemikiran pada penelitian ini adalah: bahwa untuk menarik perhatian siswa agar menyimak isi pesan yang di komunikasikan dalam pembelajaran dan untuk memperkaya imajinasi agar isi materi pembelajaran lebih dihayati oleh siswa adalah dengan cara model pembelajaran audio tutorial. Dengan metode atau model audio tutorial, peserta didik dapat melihat video atau mendengarkan tape sambil mengikuti tindakan manual pembelajaran, mejawab pertanyaan sebelum praktik kemudian melakukan keterampilan pratikum, dan akhirnya melakukan pengkajian terhadap apa saja yang sudah di lakukan. Hippotesis yang diajukan oleh penulis pada penelitian ini adalah: terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran audio tutorial terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam (pada mata pelajaran fiqih) di MTs.Munawarotul Hidayah Cikalong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pretess-Posttest (Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran audio tutorial yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan model pembelajaran audio tutorial. Masing masing kelas berjumlah 20 orang. Instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah tes berbentuk uraian yang telah diuji validitasnya dan reabilitasnya. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik. Adapun perhitungannya dilakukan dengan cara manual.


Ketersediaan

C-33C-33Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-33
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
103 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya