No image available for this title

Text

PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTS RAUDLATUTTA'ALLUM



Perkembangan dan pertumbuhan tingkah laku siswa berjalan cepat atau lambat tergantung pada sejauh mana faktor-faktor pendidikan aqidah akhlak dapat disediakan dan difungsikan sabaik mungkin. Yang dalam hal ini adalah lembaga sekolah pendidikan agama yang diberikan lingkungan sekolah, lembaga sekolah pendidikan agama tidak hanya menyangkut proses belajar-mengajar yang berlangsung di kelas melalui intelegnsi (kecerdasan otak) semata, tetapi juga menyangkut pada hal-hal lain seperti dengan guru, teman dan lingkungan yang sangat berpengaruh pada tingkah laku nya.
Salah satu fakta yang menjadi kesenjangan sosial yang terjadi di lapangan, bahwa terdapat siswa yang ikut terlibat dalam hal-hal yang kurang terpuji seperti; terlibat minuman keras, kebut-kebutan di tempat umum, berbicara curang (tidak sopan) dan sebagainya. Hal tersebut menjadi tugas dan tangggung jawab tersendiri bagi guru, sekolah, keluarga dan lingkungan sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan sejauh mana pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Peserta didik Madrasah Tsanawiah (MTs) Raudlatutta'allum Cidahu Rt.02 Rw.10 Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitif dan teknik pengumpulan data dipilih teknik observasi, teknik wawancara dan angket. Yang menjadi populasinya adalah sebagian siswa di MTs Raudlatutta'allum Cidahu Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya yang berjumlah 200 orang. Dan yang menjadi penelitian ini adalah 15% yakni 30 orang.


Ketersediaan

C-36C-36Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-36
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
78 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya