Image of INTERNALISASI NILAI-NILAI SOSIAL GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA CILENDEK KOTA TASIKMALAYA

Text

INTERNALISASI NILAI-NILAI SOSIAL GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA CILENDEK KOTA TASIKMALAYA



EKI, 1501086. INTERNALISASI NILAI-NILAI SOSIAL GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MA CILENDEK KOTA TASIKMALAYA
Penelitian ini mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di sekolah, mulai dari konsepsi tentang internalisasi nilai, tahapan-tahapan dalam proses internalisasi yaitu : tahaf Transformasi Nilai, tahap Transkip Nilai, dan tahap Traniternalisasi. Selanjutnya, tulisan ini akan mengeksplorasi teori-teori strategi internalisasi nilai yanng polpuler dikalangan praktisi pendidikan meliputi : strategi keteladanan (modelling), strategi pembiasaan, strategi ibrah dan amtsal, strategi pemberian nasehat, strategi pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib), dan strategi kedisiplinan. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga mendidik dengan menananmkan nilai-nilai sosial agar kepribadian siswa menjadi lebih baik. Apalagi pembelajar pendidikan agama Islam di sekolah untuk membentengi pergaulan siswa yang semakin hari semakin parah yang mengarah pada pergaulan bebas minum-minuman keras, tidak tahu sopan santun dan kenakalan remaja yang semakin tidak bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan internalisasi nilai-nilai sosial guru PAI dalam membentuk karakter siswa di sekolah MA Cilendek Kota Tasikmalaya. penelitian ini menggunakan metede penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskriptifkan data-data yang ada untuk mennggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Dalam melakukan wawancara ini peneliti menentukan subjek penelilti antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai sosial karakter siswa MA Cilende Kota Tasikmalaya, guru PAI kordinasi dengan guru-guru lain untuk melaksamakan internalisasi nilai-nilai sosial guru untuk memebntuk karakter siswa, kemudian disosialisasikan kepada seluruh guru dan siswa. Kedua, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai sosial guru dalam membentuk karakter siswa di MA Cilendek Kota Tasikmalaya ini guru pendidikan agama Islam melakukan beberapa strategi diantaranya, melalui Kegiatan Belajar mengajar (KBM), melalui kegiatan budaya lingkungan, Ketiga, dampak dari internalisasi sosial guru dalam membentuk karakter siswa. Siswa berbicara sopan dan santun serta menghormati gurunya; siswa bertanggungjawab dan disiplin dengan baik


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 090
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 94 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya