Image of PERAN IREMA (IKATAN REMAJA MASJID) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ANGGOTA IREMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAQWAAN MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH
(Penelitian di Kp. Cibangun Kaler 1 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)

Text

PERAN IREMA (IKATAN REMAJA MASJID) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ANGGOTA IREMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAQWAAN MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH (Penelitian di Kp. Cibangun Kaler 1 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)



SITI SOPIYAH. 1501104. PERAN IREMA (IKATAN REMAJA MASJID) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ANGGOTA IREMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAQWAAN MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH
JAMAAH
(Penelitian di Kp. Cibangun Kaler 1 Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)
Organisasi remaja berdasarkan syari'at Islam mampu berperan meningkatkan partisipasi remaja dalam melakukan kegiatan agama. Kegiatan dam ide baru organisasi remaja mampu menggugah remaja untuk berkegiatan keagamaan lebih baik lagi. Adapaun organisasi yang paling dasar yang patut diberikan perhatian dalam penataan moral masyarakat ialah organisasi dalam naungan masjid. Sejatinya organisasi remaja inilah yang menjadi tonggak ramai dan sepinya masjid dalam kegiatan keagmaan. Ide yang baru menjadi modal bagi organisasi remaja untuk membangujn karakter yang agamis dengan kegiatan yang rutin dan berjangka panjang.
Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui peran dan fungsi remaja masjid dalam meningkatkan pengetahuan agama, untuk mengetahui peran dan fungsi IREMA (Ikatan remaja Masjid) Nurul Huda As-sayuti di Kp. Cibangun Kaler 1 Kecamatan Kota Tasikmalaya, untuk mengetahui pengaruh IREMA (Ikatan remaja Masjid) dalam melaksanakan shalat berjamaah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memakai metode survey. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh anggota IREMA (Ikatan remaja Masjid) Nurul Huda As-Sayuti. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran dan fungsi remaja masjid antara lain yaitu memakmurkan masjid, kaderisasi umat, pembinaan remaja masjid, pendukung kegiatan takmir masjid dan dakwah dan sosial.(2) Peran dan fungsi IREMA (Ikatan remaja Masjid) Nurul HUda As-Sayuti diantaranya yaitu SElalu ikut serta dalam kegiatan keagmaan dilingkungan Kp. Cibangun Kaler 1 RT 03 RW 010, seperti kegiatan magrib mengaji, shalat berjamaah, pengajian muda-mudi, pesantren ramadhan. Remaja Masjid ini juga selalu ikut serta dalam penyembelihan hewan qurban pada hari raya idul adha. (3) Pengaruh IREMA (Ikatan remaja Masjid) Nurul Huda As-Sayuti dalam meningkatkan ketaqwaan melaksanakan shalat berjamaah yaitu : memotivasi remaja-remaja di lingkungan Kp. Cibangun Kaler 1 RT 03 RW 010 untuk senantiasa bisa hadir di masjid dalam melaksanakan shalat berjamaah. Dengan cara menjadikan masjid sebagai tempat berkumpulnya IREMA (Ikatan remaja Masjid) dalam memusyawarahkan rencana kegiatan.
Kata Kunci : Remaja Masjid, Shalat Berjamaah


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 091
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 91 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya