Image of PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPRITUAL ANAK
(Studi Pustaka Kandungan Al-Qur'an Suroh Al-Muminun Ayat 1-11)

Text

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPRITUAL ANAK (Studi Pustaka Kandungan Al-Qur'an Suroh Al-Muminun Ayat 1-11)



PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPRITUAL ANAK
(Studi Pustaka Kandungan Al-Qur'an Suroh Al-Muminun Ayat 1-11)
Tujuan penelitian ini antara lain : (1) untuk mengetahui peran guru PAI (2) untuk mengetahui mengembangkan kecerdasan spiritual (3) untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak (studi atas kandungan Al-Qur'an suroh Almuminun ayat 1-11)
Penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, melalui metode penelitian Library Research. Yaitu mengambil bahan-bahan penelitian dari beberapa buku atau literatur lainnya. Metode analisis yang dipakai yaitu deskriptif analisis, memusatkan diri pada masalah-masalah yang ada, kemudian data yang sudah tersimpul disusun, dijelaskan dan dianalisis.
Hasil penelitian diperoleh bahwa fungsi dan tujuan dari kecerdasan spiritual adalah membentuk manusia berakhlak mulia, berman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta memiliki kekuatan spiritual yang tinggi dalam hidup. Oleh karena hal tersebut, kecerdasan spiritual itu harus dibangun dengan berpedoman kepada Al-Qur'an. peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak (studi atas kandungan Al-Qur'an suroh Al-muminun ayat 1-11 adalah dengan cara sebagai berikut : (1) Beriman (2) Khusyu dalam mengerjakan shalat (3) berpaling dari hal-hal yang tidak berguna (4) membersihkan diri dengan menunaikan zakat (5) Memelihara kemaluan (6) Memelihara amanat dan janji (7) Memelihara shalat. Dengan demikian hal tersebut menjadikan manusia lebih kreatif, inovatif, inspiratif dan mengetahui hakikat dirinya, sehingga ketika ia berjalan, hidupnya lebih terarah, terpogram dan optimistik.
Kata Kunci : Peran Guru PAI, kecerdasan Spiritual, KandunganQS. Al-Muminun ayat 1-11


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 092
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 80 hlm ; 20x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya