Image of PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI
(Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya)

Text

PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya)



PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI
(Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya)
Metode diskusi adalah satu cara penyajian pelajaran dengan cara menghadapkan peserta didik pada suatu masalah yang dapat dibentuk pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Tujuan utama dari metode diskusi adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan peserta didik, serta membuat keputusan.
Permasalahan yang dikaji adalah konsep belajar menggunakan metode diskusi, pengaruh penerapan metode diskusi terhadap peningkatan pengetahuan siswa pada mata pelajaran PAI.
Oendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penelitian korelasional. Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi product moment, yaitu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel. Yang dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode diskusi terhadap pengetahuan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode diskusi di kelas VIII sudah cukup baik yaitu jika diprosentase 60% siswa mengikuti atau antusias mengikuti pembelajara dengan menggunakan metode diskusi. Menurut hasil analisa regresi linier sederhana menunjukkan bahwa metode diskusi memilki thitung (1.635) > dari rtabel (0,103) hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara penerapan metode diskusi terhadap peningkatan pengetahuan siswa kelas VIII SMP Islam Darul Hikmah Cieceng. Pengaruh penerapan metode diskusi adalah 10,1% sedangkan sisanya sebesar 89,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Metode diskusi, PAI, Darul Hikmah Cieceng


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F. 102
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 80 hlm ; 20x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya