Image of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT)TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS XII IPS MA MU'MIN MA'SHUM KOTA TASIKMALAYA

Text

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT)TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS XII IPS MA MU'MIN MA'SHUM KOTA TASIKMALAYA



Penelitian ini dilatar belakangi beberapa masalah diantaranya: 1)Proses pembelajaran yang dilakukan guru di MA Mu'min Ma'shum cenderung lebih menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga siswa kurang terstimulus,bahkan sampai tidak mendengarkan guru,todur saat pembelajaran,bermain handphone sehingga menyebabkan tidak fokus dalam KBM, 2)Motivasi belajar siswa kelas XII IPS di MA Mu'min Ma'shum sangatlah rendah,sehingga banyak siswa yang berleha leha dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran al-Quran hadist, 3)Hal ini terjadi diduga karena metode pembelajaaran yang sangat monoton.Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas antara sebelum & sesudah menggunakan metode pembelajaran VCT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadistkelas XII IPS di MA Mu'min Ma'shum kota Tasikmalaya.Jenis penelitian ini digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu One-Grup Presets-Posttest Design.Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa kelas XII di MA Mu'min Ma'shum .Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi,untuk memperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan tekhnis statistik,baik statistik deskriptif maupun inferensial.Melalui analisis data tersebut,mendapat kesimpulan bahwa : 1)Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan metode VCT berdasarkan tabel distribusi frekuensi dan persentase menunjukan bahwa siswa dominan berada pada kategori "sedang" dengan persentase 54,1%, 2) Motivasi belajar siswa setelah menggunakan VCT berdasarkan tabel distribusi frekuensi dan persentase menunjukan bahwa siswa dominan berada pada kategori "tinggi" dengan persentase 41,7% , 3)Hasil uji hipotesis tentang efektifitas penggunaanmetode VCT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran hadist kelas XII IPS di MA Mu'min Ma'shum Kota Tasikmalaya ,kesimpulan setelah melakukan pengujian secara signifikan maka dapat disimpulkan bahwa Thitung = 2,775 dan Ttabel = 2,673 dikarenakan tHITUNG > TTABEL maka h0 ditolak Ha diterima.Artinya,terdapat pengaruh penggunakan metode pembelajaran VCT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist kelas XII IPS di MA Mu'min Ma'shum Kota Tasikmalaya.Jadi, penggunaan metode VCT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadits kelas XII IPS di MA Mu'min Ma'shum efektif.


Ketersediaan

G004NUReG004Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G004
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya