Image of KAJIAN TAFSIR IBNU KATSIR TENTANG KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PEMAAF MENURUT QS.AL'ARAF 199 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (Penelitian di Kelas VIII MTs. As-Surur Kota Tasikmalaya)

Text

KAJIAN TAFSIR IBNU KATSIR TENTANG KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PEMAAF MENURUT QS.AL'ARAF 199 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (Penelitian di Kelas VIII MTs. As-Surur Kota Tasikmalaya)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak pemaaf dan implementasinya menurut mufasiir ibnu katsir dalam kitab tafsirnya yakni kitab tafsir ibnu katsir.Pertanyaan yang ingin dijawab melaui penelitian ini adalh 1)Bagaimana kandungan tafsir qs alaraf 199 menurt tafsir ibnu katsir? 2)Bagaimana konsep pendidikan aklak pemaaf dalam qs alaraf 199? 3)Bagaimana implementasi pendidikan akhlak pemaaf menurut tafsir ibnu tafsir dalam pembelajaran pai?pe\nelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) maka data yang diperoleh bersumber dari literatur.Adapun referensi yang menjadi sumber data primer yaitu ari kitab tafsir ibnu katsir dan karya cenndekia lain sebagai data sekunder.metode yang digunakan ini mengggunakan metode berpikir deskriptif analitis dengan memanfaatkan metode tafsir tematik (maudhu'i) untuk menemukan pesan al-quran .Hasil dari penelitian ini adalah kata al-afwu selain bermakna "memaafkan",al afw juga dapat bermakna lebih berkaitan dengan harta yang ahrus diberikan kepada orang yang berhak.dengan logis sikap pemaaf berarti memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalasnya.dalam alquran sikap memberi maaf dari pihak pelaku .permintaan maaf kepada sesama pesrta didik penting dilakukan untuk menjaga hubungan kita dengan sesama dan agar kita terhindar dari sifat dendam dan kebencian demi terwujudnya perdamaian anatar peserta didik disekolah/madrasah


Ketersediaan

G005MUGkG005Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G005
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya