Image of PENGARUH METODE COOPERATIVE REVIEW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 3 KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH METODE COOPERATIVE REVIEW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 3 KOTA TASIKMALAYA



Metode cooperative review adalah sebuah metode pembelajaran dimana para siswa ditempatkan dalam kelompok kecil untuk saling berinteraksi dan mengulang kembali mataeri (review) yang telah disampaikan sebelumnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative review terhadap prestasi belajar kelas X pada mata pelajaran fikih di MAN 3 Kota tasikmalaya .Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.Untuk memastikan langkah-langkah metode cooperative review diterapkan dengan baik,maka peneliti melakukan observasi.Adapun hasil tes prestasi belajar para siswa nantinya dianalisis dengan menggunakan apliakasi SPSS.Hasil tes siswa kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 89,73 dari perolehan nilai kelompok 83,15.Kemudian untuk menguji kebenaran hipotesis digunakan uji independent sample test dengan signifikan (sign2-tailed) dengan uj-t pada tes soal adalah 0,004 < 0,05.Maka H0 ditolak karena berada pada daerah penerimaan artinya terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar (nilai) pada mata pelajaran fikih pada kelompok eksperimen yang menerapkan metode konvesional di MAN 3 Kota Tasikmalaya


Ketersediaan

G006FIIpG006Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G006
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya