Image of PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA PELAKSANAAN IBADAH SHALAT

Text

PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA PELAKSANAAN IBADAH SHALAT



Guru atau pendidik merupakan sosok yang harus mempunyai banyak ilmu dan menjadikan siswanya memiliki kehidupan yang lebih baik.idealnya seorang guru itu harus memperhatikan psikomotor siswa,jadi tidak hanya pada aspek kognitifnya saja yang diperhatikan.Tetapi realitas didunia pendidikan di indonesia aspek psikomotor siswa masih kurang mendapat perhatikan dari guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)Peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta didik pada pelaksanaan shalat di SD Negeri Sukasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya .2) Kemampuan psikomotorik peserta didik pada pelaksanaan ibadah shlat di Sd Negeri Sukasari Kecamatan Sukasari Kota Tasikmalaya .Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research),pendekatan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini merupakan sumber data primer dan sekunder.Tekhnik pengumoulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumnetasi.Tkhnik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu redukasi data,display data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pelaksanaaan ibadah shalat di SDN Sukasari mempunyai peran yang banyak diantaranya sebagai pembimbing,sebagai motivator,sebagai suri tauladan dan sebagai evaluator .Guru memegang peraanpenting dalam dunia pendidikan,terutama dalam hal ibadah shalat.Peran seorang guru di sekolah merupakan cerminan bagi siswa.Guru sangat penting dalam mengembangkan perkembangan psikomotor siswa pada pelaksanaan ibadah shlat.2) Dalam memnigkatkan kemampuan siswa pada pelaksanaan ibadah shlat di SD Negeri sukasari khususnya shlat dhuha ada beberapa masalah dalam keteertiban siswa seperti tidak membawa alat shalat,kurangnya pemahaman siswa dalam bacaan shalat dan gerakan shalat.Kemam[uan psikomotorik peserta didik pada pelaksanaan ibadah shalat di SDN Sukasari secara teori siswa sudah bisa,akan tetapi dalam prakteknya belum bisa mempraktekan gerakan-gerakan serta bacaan-bacaannya dengan baik dan benar.


Ketersediaan

G008SELpG008Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G008
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya