Image of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA TASIKMALAYA



SITI ROSYIDAH, 1601196. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya

Pembelajaran kooferatif tipe Student Team Achievemet Division (STAD) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooferatif dengan mengunakan kelompok kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hetrogen.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan perbedaan Quasi experimen. Populasi dalam peneliyian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 9 Kota Tasismalaya yang teerdiri dari 66 siswa. Istumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang yang terlebih dahulu telah diuji Valibitas dan realibilitas.Sedangkam teknis analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan rusmu uji t.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Hasil belajar PAI dengan mengunakan model pembelajaran koopertif tipe STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD):2) Hasil belajar PAI dengan menggunakan model pembelajaran konvesional:3) Pengaruh signifikan dalam penerpam model pembelajaran STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONT (STAD) terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya .Sedangkan permaslahn dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar yang di ajarkan dengan model pembelajaraan kooperatrif tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa di ajarkan dengan model pemeblajaran konvesional.Hasil bvelajar PAI di kelas ekperimen yang menngunakan model pembelajarran kooveratif tipe STAD berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rat arat post test sebesar 80,47.sedangkan hasil belajar PAI di kelas di kontrol denga model konfesional di peroleh rat rata post test 60,74.Berdasarka hasil rata rata post test hasil belajar dengan model pembelajaran koperafif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaarn konvesional.Berdasarkan hasil pengujian hipotesus di peroleh yaitu 7,186 > 1,664 para tarif signifikan 90% dan a =0,05.Hal ini berati hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan di nyatakan bahwa terdapat pengaruh posif signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooveratif tipe STAD terhadap hasil belajar PAI siswa kelas vii diSMP 9 kota tasik
KATA KUNCI : Modelpembelajaran Kooperatif ,STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD),Hasil belajar PAI


Ketersediaan

G052G052Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G052
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;97Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya