Image of HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA

Text

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA



NINING NURSILAH. 1601084. HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUQN HADITS DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA.
Penelitian ini bertolak dari penomenayang muncul di MA AD-DAHRIYAH Taman sari kota Tasikmalaya, yaitu adanyan penomena yang menunjukan tingginya kebiasaan menjawab siswa dlam pembelajaran, sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist rendah. Dari melihat penomena tersebut, penulis ingin mengetahui bagaimana sebenarnya realitas antara kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist dikelas XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALATA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional. Korelasional bertujuan untuk menentukan ada tidak nya hubungan, dan seberapa jauh hubungan diantara dua variabel (yang dapat di ukur) atau lebih. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadidst, adapun tujuan pokoknya untuk mengetahui hubungan kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist. Penelitian ini di dasarkan pada pemikiran bahwa siswa terbiasa menjawab akan lebih aktif dalam memahami materi pelajaran dan sebagi umpan balik pembelajaran, maka diharapkan prestasi belajar siswa pun akan tinggi. Dari asumsi tersebut dapat di tarik hipotesis, yaitu semakin tinggi kebiasaan menjawab maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist dan sebaliknya semakin rendah kebiasaan menjawab maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan angket dalam memperoleh data kuantitatif. Angket di sebarkan dalam 30 siswa yang berasal dari XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA. Hasil penelitian kebiasaan menjawab siswa berada dalam kriteria tinggi, yaitu sebesar 3,82 yang berada dlam interpal 3,5 sampai 4,5. Sedangkan prestasi belajar siswa pada pelajaran al-quran hadist berada dalam kriteria tinggi yaitu sebesar 3,83 yang berada dalam interval 3,5-4,5. Adapun analisis hubungan mengenai hubungan variabel sebesar 0,70 dan termasuk hubungan tinggi yang berada dalam interval 0,60-0,80. Sesuai data yang didapatkan dari penelitian dengan menggunakan uji analisis data yaitu normalitas makan data yang didapatkan berdistribusi normal dengan nilai 0,841 > a maka ho diterima. karena data normal maka langkah selanjutnya yang meneliti lakukan ialah dengan menggunakan analisis data uji korelasi, dari hasil SPSS di peroleh 0,904 > a maka ho di terima yang berarti berada pada kriteria tinggi sekali karena berada pada interval 0,80 - 1,00 artinya ada hubungan yang signifikan anatara kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al-quran hadist di MA AD-DAHRIYAH TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA
Kata kunci : keaktipan menjawab, prestasi belajar.


Ketersediaan

G061G061Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G061
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;82Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya