Image of PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AD-DAHRIYAH TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

Text

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AD-DAHRIYAH TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA



Aas Asiah.1601255.Penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran fiqih di madrasah aliyah ad-dahriyah tamansari kota tasikmalaya.Skripsi.Program studi pendidikan agama islam STAI Tasikmalaya.Pembimbing Dr.H.Ahmad Zaki M,M.Si dan Rudi Permadi,M.Pd.

Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah adanya tantangan terhadap peningkatan mutu dan efektivitas pendidikan sebagai tuntunan nasional yang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat yang berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah.Sedangkan permasalahan yang ada di madrasah aliyah ad-dahriyah adalah siswa merasa pembelajaran fiqih selama ini kurang menarik dan cenderung membosankan,pemelihan menerapkan pembelajaran CTL oleh guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran agar pembelajaran menjadi bermakna dalam kehidupan jangka panjang.Dalam penelitian ini yang menjadi tujuan nya adalah tentang strategi pengorganisasian,strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pemebelajaran CTL pada mata pelajaran fiqih di ma ad-dahriyah tamansari kota tasikmalaya. Metode penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan.Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi analisi data dilakukan mulai dari reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan.Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi,perpanjangan kehadiran,pembahasan teman sejawad,dan klarifikasi dengan informan.Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari penerapan strategi pembelajaran CTL dalam pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa di ma ad dahriyah tamansari kota tasikamalaya antara lain;pada penegembangan akhlak siswa,motivasi belajar siswa,kreatifitas siswa dan minat siswa dalam belajar lebih meningkat.Hal ini di dukung dengan tersedianya lingkungan belajar yang tidak hanya bersifat material atau saran prasarana tapi juga bersifat non material,yaitu budaya komunikasi yang baik,kegiatan ekstra yang mendukung dan lain lain.
kata kunci;strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)


Ketersediaan

G065G065Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G065
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;90Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya