Image of PENGARUH METODE PETA KONSEP (CONCEPT MAP)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI KASUS KELAS XII DI MAN 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)

Text

PENGARUH METODE PETA KONSEP (CONCEPT MAP)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI KASUS KELAS XII DI MAN 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)



SILMI KAPPAH.1601012. PENGARUH METODE PETA KONSEP (CONCEPT MAP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI KASUS KELAS XII DI MAN 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)
Metode meruapakan cara yang dipandang efektif bagi tercapainya tujuan pembelajaran.Metode yang digunakan guru akan memepengaruhi proses belajar mengajar yang nantinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa.Terlihat dikelas XII pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa ada yang kurang aktif dalam proses belajar dikarenakan metode belum bervariasi.Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk menerapkan metode peta konsep ini pada hasil belajar siswa yang kurang aktif ketika belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana metode peta konsep dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII di MAN 2 Tasikmalaya. 2) Untuk mengetahui bagaimana metode peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XII di MAN 2 Tasikmalaya 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII di MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020. Metode Peta Konsep adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dalam sebuah bidang studi. Peneliti ini menggunakan teknik analisis data. Obyek dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 MAN 2 Tasikmalaya yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktifitas siswaqq dan guru serta tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus kolerasi kausal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat peningkatan hasil belajar pada peserta didik yang menerapkan metode peta konsep dibandingkan dengan yang menerapkan metode pembelajaran konvesional. Hal ini membuktikan bahwa derajat pengaruh variable X (Metode Peta Konsep) terhadap variable Y ( Hasil Belajar) siswa kelas XII IPS 1 di MAN 2 Tasikmalaya mencapai sebesar 47,8% namun demikian harus diakui ada 5,2% faktor lain yang mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 di MAN 2 Tasikamalaya. Dengan demikian pengaruh metode peta konsep untuk menoingkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII IPS 1 di MAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020 adalah tergolong tinggi, dan hipotesis yang diajukan dapat di terima.
Kata kunci: metode peta konsep, meningkatkan hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.


Ketersediaan

G072G072Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G072
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;77Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya