Image of PENGGUNAAN METODE CERAMAH DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERSEKOLAHAN DAN PERMASALAHANNYA
(ANALISIS ISI ATAS PRO-KONTRA METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI)

Text

PENGGUNAAN METODE CERAMAH DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERSEKOLAHAN DAN PERMASALAHANNYA (ANALISIS ISI ATAS PRO-KONTRA METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI)



Guntur Fatahillah.1601037.PENGGUNAAN METODE CERAMAH DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERSEKOLAHAN DAN PERMASALAHANNYA (ANALISIS ISI ATAS PRO-KONTRA METODE CERAMAH DALAM PELAJARAN PAI)

Setiap guru pasti memiliki metode pembelajaran yang dapat dilakukannya,seperti halnya metode ceramah.Metode ceramah merupakan metode yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi dengan hanya menggunakan lisan.Oleh karena itu,perlu diperhatikan pengaruh metode tersebut sehingga menimbulakn pro-kontra disetiap sekolah yang menggunakan metode ceramah tanpa memperhatikan keunggulan dan kekurangan yang akan berdampak terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa.Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini dalah ;1) untuk mengatahui penggunaan metode ceramah dalam pemebelajaran PAI. 2) Untuk mengetahui keunggulan metode cermah. 3) Untuk mengetahui kekurangan metode ceramah. 4) unutk mengetahui keunggulan dan kekurangan metode ceramah dalam pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini menyusun dengan menggunakan metode content analysis kualitatif dengan pendekatan kepustakaan.Sementara itu maka hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ; 1)penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama islam sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap lembaga pendidikan dengan cara penuturan secara lisan atau penjelasan langsung kepada semua siswa dan dibalik metode yang digunakan tersebut timbul permasalahan dari sisi keunggulan dan kekurangan yang menajdikan sebuah pro-kontra dalam penggunaan tersebut, 2) Dalam penggunaan metode ceramah,guru hanya perlu peralatan yang lengkap dan mudah serta dengan dilakukannya metode tersebut siswa dapat menerima materi secara langsung sehingga mudah di mengerti oleh siswa sekaligus menjadikan sebuah keunggulan dalam metode tersebut, 3)Serta metode ceramah hanya menyampaikan materi secara terbatas pada yang dikuasai guru dan akan berdampak pada siswa,dimana materi yang dikuasi siswa apakah sudah mengerti atau tidaknya dari hasil metode cearamah yang dilakukan tersebut, 4)Oleh karena itu metode ceramah memerlukan keterampilan guru supaya proses pembelajaran akan tercapai dan jika keterampilan tidak ada,maka proses pembelajaran tidak akan tercapai.
kata kunci;metode ceramah,keunggulan dan kekurang metode ceramah.


Ketersediaan

G074G074Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G074
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;75Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya