Image of PELAKSANAAN KEGIATAN SIRAH DAN PENGARUHNYA PADA PEMBENTUKAN SIKAP SALING MENGHARGAI SESAMA TEMAN
(STUDI PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMA TERPADU RIYADLUL'ULUM CONDONG CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA)

Text

PELAKSANAAN KEGIATAN SIRAH DAN PENGARUHNYA PADA PEMBENTUKAN SIKAP SALING MENGHARGAI SESAMA TEMAN (STUDI PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMA TERPADU RIYADLUL'ULUM CONDONG CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA)



Nurhisni Amaliatun.1601145.Pelaksanaan kegiatan sirah dan pengaruhnya pada pembentukan sikap saling menghargai sesam teman (studi penelitian pada siswa kelas x sma terpadu riyadhul'ulum condong cibeureum kota tasikmalaya).

Pembentukan sikap saling menghargai tentunya harus ditanamkan sejak dini,karena dapat mempengaruhi karekter seseorang dimasa yang akan datang.Oleh karena itu disetiap lembaga pendidikan sebaiknya diadakan kegiatan keagamaan berupa tausyiah atau kultum yang didalamnya terdapat materi akhlak.Selain mendengarkan,siswa dapat mengaplikasikan materi yang mereka pahami sata kegiatan kegaamaan terserbut secara berlangsung.Di SMA terpadu riyadul'ulum kegiatan kegaaman itu dinamakan sirah, kegiatan sirah ini rutin dilaksanakan setiap dua minggu satu kali.Adapun materi yang disampaikan yaitu meliputi akidah,ibadah dan akhlak.Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan peneliti ini adalah; 1)Mengetahui pelaksaan dan materi kegiatan siroh di Sma terpadu riyadhul uluim condong cibeureum kota tasikmalaya 2) mengetahui seberapa penting pembentukan sikap saling menghargai sesama teman. 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sirah terhadap pembentukan sikap saling menghargai sesama. penelitian ini menggunakan penelitian ex post ficto dengan pendekatan penelitian sosiologi. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah populasi 228 dan sampel 25 siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini ,menggunakan angket, obseervasi berperan serta dokumentasi. sedangkan analisis penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normlitas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. hasil dari penelitian yang di lakukan yaitu terdapat pengaruh yang posotif antara kegiatan sirah dan pembentukan sikap saling menghargai sesama teman pada siswa kelas X SMA Terpadu Riyadlul Ulum. pernyataan dari kedua variabel dinyatakan valid dengan taraf signifikansi < 0,5 yakni 0,016 dan reliabel dengan taraf signifikansi > 0,6 yakni 0,717 variabel X dan 0,871 variabel Y. Hasil uji regresi linier sederhana sebesar 0,949 dan uji t dengan nilai hitung sebesar 2,594 > t tabel 2,0687. hal ini menunjukan bahwa peembentukan siakp saling menghargai dapat di perengaruhi oleh kegiatan sirah.
Kata kunci: pembentukan, sikap saling menghargai, kegiatan sirah


Ketersediaan

G075G075Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
G075
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;84Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya