No image available for this title

Text

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI AL-QUR'AN DAN HADIST DENGAN METODE PENDEKATAN TERJEMAH PERKATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA



Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh keterampilan. Observasi awal pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas IX SMPIT TQ menunjukkan keterampilan dalam memahami Al-Qur'an belum maksimal, karena kurang ditekankannnya dalam hal itu, guru kurang pandai menggunakan metode atau strategi dalam mengajar. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk 1). Mengetahui bagaimana keterampilkan siswa dalam memahami Al-Qur'an hadits di SMPIT TQ 2). Mengetahui bagaimana implementasi metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan keterampilan memahami Al-Qur'an dan Hadits. 3). Mengetahui bagaimana upaya metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan pemahaman A-qur'an yang dibaca atau yang dihafalkan pada siswa kelas IC SMPIT TQ. Fokus penulisan dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana keterampilan siswa dalam memahami Al-quran dan hadits di SMPIY TQ? 2). Bagaimana implementasi metode pendekatan dalam meningkatkan keterampilan memahami al-Qur'an dan hadits. 3). Bagaimana upaya metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan pemahaman pemahaman A-qur'an yang dibaca atau yang dihafalkan pada siswa kelas IC SMPIT TQ?
Dalam penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelutian kualitatif. Berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangualasi dan pembahasan sejawat.
Hasil Penelitian : 1). Keterampilan dalam menerjemahkan al-qur'an membutuhkan beberapa ilmu dan pendukung lainnya seperti nahwu, sorof, gramatika bahasa arab, linguistik, ulsub, kosakata, mengetahui kaidah dan bahasa yang akan diterjemahkan seperti bahasa baku, SPOK. 2). Metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan memahami al-qur'an dan hadits yang paling dominan adalah metode terjemah diantaranya juga muncul metode ceramah, metode drill dan metode demontrasi. 3). Upaya metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan pemaham Al-qur'an yang dibaca atau dihafal pada siswa kelas IX SMPIT TQ diantaranya praktik bahasa, memperdengarkan kosa kata atau ceramah bahasa arab atau murotal al-qur'an dan menjadikan kegiatan menerjemahkan al-qur'an sebagai kegiatan yang menyenangkan, memiliki sikap yang bersungguh sungguh dan disiplin.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H004
Penerbit STAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
H004
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya