Image of PENGARUH PEMBELAJARAN ASWAJA TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULAMA KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PEMBELAJARAN ASWAJA TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULAMA KOTA TASIKMALAYA



ABSTRAK
SITI ROHMATUNNISA.1701116. Pengaruh pembelajaran aswaja terhadap perubahan karakter siswa di madrasah aliyah nadhatul ulama Kota Tasikmalaya. Skripsi. Program studi pendidikan agama islam, sekolah tinggi agama islam Tasikmalaya. Pembimbing 1 Dr. Rifyal Luthfi MR M.Pd. I., Pembimbing 2 H.Udin Zaenudin,M.Ed.
Pembelajaran aswaja merupakan salah satu mata pelajaran aswaja yang setiap minggu di lakukan di sekolah walau dengan waktu yang suka di ubah-ubah. Mata pelajaran tidak mengharuskan untuk belajar di kelas saja dengan diskusi dan baca buku di luar kelas itu juga merupakan salah satu bentuk pembelajaran. Aplagi mata pelajaran yang mencakup aswaja. Tidak cukup rasanya jika hanya mengandalkan belajar di kelas. Butuh relasi dan diskusi aswaja hanya itu supaya bisa lebih dalam pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah:1) untuk menjelaskan pelaksanaaan pembelajaran aswaja di MA Nahdatul ulama Kota Tasikmalaya, 2) Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pembelajaran aswaja terhadap perubahan karakter siswa MA Nahdatul ulama kota tasikmalaya, 3) Untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran aswaja terhadap perubahan karakter siswa MA Nahdatul ulama kota tasikmalaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang di gunakan penelitian korelasional. Adapun teknik korelasi yang di gunakan adalah teknik korelasi product moment. Product moment correlation adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel. Yang dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran aswaja terhadap perubahan karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) menurut hasil wawancara dengan ibu haji yati selaku guru mata pelajaran aswaja diMA Nahdatul ulama Kota Tasikmalaya mengatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran aswaja sudah cukup baik yaitu di persentasikan 70% siswa melakukan pembelajaran aswaja, tapi semenjak pandemi covid kemungkinan sebesar 50% ada penurunan sistem pembelajaran khususnya pembelajaran aswaja, 2) adanaya pengaruh antara pembelajaran aswaja terhadap karakter siswa di MA NU, menurut hasil analisis regresi sederhana menunjukan pembelajaran aswaja memili thitung(8,687) > dari tabel(0,901). Berdsarkan data pembelajaran aswaja berpengaruh terhadap karakter. Pengaruh pembelajaran aswaja yaitu 69,5% sedangkan sisanya sebesar 30,5% di pengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak di teliti, 3) pembelajaran aswaja berpengaruh positif terhadap karakter siswa di MA NU yaitu dengan melatih olah piker siswa, bersosial dengan baik saling peduli dan tidak emosional atau menggunakan kekerasan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H106
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,102 hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya