Image of KAJIAN KITAB

Text

KAJIAN KITAB" KHULASHON NURUL YAQIN"DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAN KEBUDAYAAN ISLAM(SKI)



ABSTRAK
TITIN.2021.Kajian Kitab"Khulashoh Nurul Yaqin" dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaaan islam (SKI) (Penelitian di madrasah tsanawiyah Al-Islah YBBS Kelas VII Karang nunggal kabupaten tasikmalaya).
Pada umumnya pembelajaran pendidikan agama islam di anggap pelajaran yang sungkar menjenuhkan termasuk salah satu mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Maka dari nitu untuk meningkatakan motivasi sekaligus prestasi belajar siswa banyak lembaga pendidikan yang mencoba menambahakan kurikulum khusus tentang pendidikan ke agamaan yaitu di antaranya melalui pesantren yang memadukan bhan ajar kitab dengan salah satu mata pelajaran yang memiliki ke identikan dalam materi mata pembelajaran yang teerdapata dalam kurikulum kementrian agama seperti halnya mata pelajaran sejarah kebudayaan islam yang memiliki ke identikan materi dengan sebuah kitab sejarah khulashoh nurul ya"qin karangan syekh khudlari bek. Maka dari itu penulis melaukan penelitian tentang hal tersebut. penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil yang objektif tentang pengaruh hasil belajar siswa tentang kitab khulashoh nurul yaqin terdapat prestasi belajar pada mata pelajaran SKI. Metode yang di gunakan penelitian ini adalah deskriptif dimna analisis nya menggunakan statistik yangt mana dalam hal ini data yang di peroleh melalui beberapa teknik yaitu observasi, kepustakaan, wawwancara dan test hasil belajar. Setelah di lakukan penelitian ternyata hasil yang di peroleh adalah hasil belajar siswa tentang kitab khulashoh nurul yaqin tergolong pada kriteria tinggi yaitu dengan nilai 3,70 dan setelah di tes, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI pun tergolong baik dengan nilai rata-rata keseluruhan hasil tes siswa sebesar 76,52.Sedangkan besar nialinya niali pengaruh hasil belajar siswa tentang kitab khulashoh nurul yaqin terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran SKI dengan rumus product moment sebesar 0,87 yang dikonsultasikan dengan interprestasi "r" tabel dan hasil yang sangat tinggi . Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis antara variabel X dan variabel Y diperoleh harga t hitung sebesar 10,35 lebih besar daripada t tabel yaitu sebesar 2,04 . Dan berdasarkan hasil uji determinasi besar berpengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh angka pengaruh sebesar 75,69% . Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh yang sangat baik antara hasil belajar siswa tentang kitab khulashoh nurul yaqin karangan syekh khudlari bek terhadap prestasi belajar SKI di kelas VII MTs Al-Islah YBBS Kelas VII Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H111
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,87 hlm; 21,5x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya