Image of PENGARUH PENGUNAAN METODE PROMBLEM BASED LEARING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 1 SINDANGPALAY

Text

PENGARUH PENGUNAAN METODE PROMBLEM BASED LEARING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 1 SINDANGPALAY



ABSTRAK
Parid Setiawan 1701016. Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas V di SDN SINDANGPALAY.
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan metode problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pendidikan agama islam (PAI) di SDN sindangpalay. kajian ini dilatar belakangi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengunaan metode problem bases learning dalam peningkatan belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh hasil dari peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas V . Yang bertujuan untuk supaya para siswa/siswi mampu memahami pelajaran . Responden dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuanlitatif deskritif mengetahui peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran PAI menggunakan tes. Tes bertujuan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar terhadap materi pembelajaran PAI .Dalam penelitian ini teknik analisi deskriptif kuantitatif di lakukan untuk menganalisis data yang di peroleh dari hasil tes. Metode yang di gunakan yaitu metode korelasi, dimana metode korelasi ini di lakukan dengan menganalisis data yang di peroleh dari hasil tes. Metode yang di gunakan yaitu metode korelasi, dimana metode korelasi ini di lakukan dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang di teliti. Teknik analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan korelasi product moment dari SPSS 22 di windows 7. Dalam pengumpulan data-data peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya yaitu: angket (kuesioner), dokumentasi, observasi dan wawancara. Dengan uji data yang menggunakan SPSS 22, data di peroleh melalui pengisian angket atau kuesioner yang di isi oleh siswa kelas V. Uji coba instrument penelitian yang di lakukan di antaranya yaitu : uji validitas, uji realibitas, uji normalitas dab uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh metode problem based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran PAI di SDN 1 Sindangpalay, berdasarkan nilai signifikan dari output ANOVA SPSS, dapat di lakukan pembahasan hipotesis yang ajukan sebagai berikut, yaitu: berdasarkan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05 maka hipotesis di terima artinya secara stimulant ada pengaruh dan berdasarkan perbandingan f hitung (33,151) > ftabel (4.23) maka hipotesis di terima secara stimulan ada pengaruh. Efektivitas penggunaan metode PBL dalam meningkatakan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PAI di SDN 1 Sindangpalay, berdasarkan nilai korelasi 0,755 padakriteria Guilford (Guilford Empirical Rule) berapa pada rentang interval 0,00-0,755. Hal tersebut menunjukan penggunaan metode PBL mempunyai hubungan yang sangat besar terhadap peningkatan belajar, sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H114
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,73 hlm ; 21,5 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya