Image of PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN HAPALAN AYAT PILIHAN (Penelitian di DTA Aisyiyah Kota Tasikmalaya)

Text

PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN HAPALAN AYAT PILIHAN (Penelitian di DTA Aisyiyah Kota Tasikmalaya)



ABSTRAK
Rifa Hanifa, NIM 14.01.113," Penerapan Metode Reward dan Punismen Untuk Meningkatakan Hapalan Siswa Pada Mata Pelajaran Hapalan Ayat Pilihan (Penelitian di DTA Aisyiyah)
Dalam suatu lembaga pendidikan khususnya sekolah harus ada kerja sama antara pendidik dan peserta didik misalnya dalam proses belajar mengajar agar tercapainya tujuan yang telah di tetapkan. Contohnya dalam mempelajari mata pelajaran hapalan ayat pilihan, sebisa mungkin murid harus berusaha untuk bisa menguasai target hapalan. Tapi kenyataan nya mereka susah sekali untuk bisa menguasai target hapalan karena ada beberapa faktor yang terjadi misalnya malasnya peserta didik untuk menghapal atau karena metode yang di gunakan oleh pendidik kurang menarik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hapalan siswa/siswi DTA Aisyiyah Kota Tasikmalaya sebelulm penerapan metode reward dan punisment, untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan metode reward dan punismen di DTA Aisyiyah Kota Tasikmalaya dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil hapalan siswa/siswi setelah penerapan metode reward dan punishment di DTA Aisyiyah Kota Tasikmalaya. Metode yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data berupa lembar hasil evaluasi siwa. Adapun hasil penelitian yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan metode reward dan punishment ini berhasil meningkatkan hapalan siswa pada mata pelajaran hapalan ayat pilihan dengan presentase prasiklus 31.818% dengan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 15 namun mengalami perbaikan setelah I 68.181% dengan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 7 orang dan mengalami perbaikan kembali pada siklus II 86.363% dengan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 3 orang. Adapun perbaikan kenaikan yang sangat signifikan terjadi pada siklus III menjadi 100% dengan seluruh siswa mendapatkan nilai tuntas.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H115
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 68 hlm; 21,5x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya