Image of PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIQH BAB PENGURUSAN JENAZAH KELAS X DI MA BAITUL HIKMAH KOTA TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIQH BAB PENGURUSAN JENAZAH KELAS X DI MA BAITUL HIKMAH KOTA TASIKMALAYA



Yeti Nurazizah. 1701167. Pengaruh penggunaan aplikasi zoom meeting terhadap prestasi belajar siswa selama pembelajaran daring pada mata pembelajaran fiqh bab pengurusan jenazah kelas x di Ma Baitul Hikmah Kota Tasikmalaya.
Ditengah merebaknya pandemi covid-19,pemerintah menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia mengeluarkan surat edaran no 4 tahun 2020 tentang "Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah. Hal ini membuat seluruh peserta didik Indonesia harus mentaati kebijakan pemerintah yaitu melaksanakan pembelajaran secara daring. Metode pembelajaran daring menjadi sebuah solusi bagi terbatasnya kegiatan pembelajaran. Efektifitas pembelajaran daring bertumpuk pada kemampuan setiap tenaga pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran layaknya proses pembelajaran tatap muka. Disamping itu,materi atau isi pembelajaran yang disajikan oleh pendidik harus dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti. Saat ini telah banyak tersedia aplikasi yang menyediakan fasilitas video conference untuk membantu proses pembelajaran sehingga antara pendidik dan siswa tetap dalam melaksanakan tatap muka meskipun berada ditempat yang berbeda. Aplikasi atau media pembelajaran yang banyak digunakan oleh sekolah yaitu aplikasi zoom meeting. Penelitian mengenai pengaruh penggunaan aplikasi zoom meeting terhadap prestasi belajar siswa dilaksanakan disekolah MA Baitul Hikmah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis preeksperimental design menggunakan one - shot case study. Hasil analisis berdasarkan perhitungan uji f diperoleh hasil hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi zoom meeting terhadap prestasi siswa pada mata pembelajaran Fiqh bab pengurusan jenazah kelas x MA Baitul Hikmah Kota Tasikmalaya. Dengan menggunakan uji f ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh satu variabel x terhadap variabel y adalah sebesar 0,348 > 0,05 dan 0,912 > 0,348. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel independen atau bebas (X) terhadap variabel dependen atau terikat (Y) terhadap signifikansi. Dengan demikian,hipotesis penelitian pengaruh pengguna aplikasi zoom meeting terhadap prestasi belajar siswa kelas x MA Baitul Hikmah Kota Tasikmalaya dinyatakan diterima.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H119
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,77hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya