Image of INTERNALISASI NILA-NILAI AKHLAK MELALUI PENDIDIKAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KP.NARUNGGUL DS. TANJUNGPURA KEC. RAJAPOLAH KAB. TASIKMALAYA.

Text

INTERNALISASI NILA-NILAI AKHLAK MELALUI PENDIDIKAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KP.NARUNGGUL DS. TANJUNGPURA KEC. RAJAPOLAH KAB. TASIKMALAYA.



ABSTRAK
Goniun. 1701136. Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pendidikan Tahfizh Al-Qur'an di Pondok Pesantren Darussalam kp.Narunggul Ds.Tanjungpura Kec.Rajapolah Kab.Tasikmalaya.
Skripsi ini membahas internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendidikan tahfizh al-qur'an di pondok Pesantren Darussalam kp.Narunggul ds.Tanjungpura kec.Rajapolah Kab.Tasikmalaya.Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan ; a) Apa saja akhlak yang dapat dibentuk dari pendidikan tahfizh al-qur'an, b) Bagaimana akhlak santri di pondok Pesantren Darussalam, c) Bagaimana internalisasi pendidikan tahfizh al-qur'an terhadap akhlak santri di pondok pesantren Darussalam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk studikasus.Teknik pengambilan data menggunakan wawancara,observasi dengan metode Fashohati yang mengutamakan kefasihan dalam menghafal Al-qur'an,dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah menurut Miles and Huberman yaitu data reduction,display data,dan verification.Hasil penelitian ini yaitu 1) Setiap peserta tahfizh al-qur'an mempunyai motivasi menghafal al-qur'an untuk memperbaiki diri, 2) Setiap peserta tahfizh selalu berupaya disiplin dalam kegiatan sehari-hari mulai dari kegiatan-kegiatan yang ada di program tahfizh seperti saat stor hafalan,sima'an al-qur'an dah tahsin qiro'at mereka selalu datang tepat waktu.Dari itu pendidikan tahfizh dapat di implementasikan untuk internalisasi nilai-nilai disiplin di pondok pesantren Darussalam kp.Narunggul ds.Tanjungpura kec.Rajapolah kab.Tasikmalaya, 3) Setiap peseta didik mempunyai akhlaq taat,dibuktikan dari pertanyaan mereka yang selalu siap dan menerima apapun yang diterapkan di dalam program tahfizh,juga menerima sangsi apapun yang diberikan saat mereka melakukan pelanggaran dan juga mereka bukan hanya taat kepada guru tahfizh saja,akan tetapi taat kepada semua orang, 4) Setiap peserta tahfizh memiliki akhlaq sabar dan jujur,dibuktikan dari setiap tugas yang diberikan kepada mereka seperti membimbing adik kelas,membaca juz tertentu saat ditugaskan oleh guru ketika sedang ada sima'an al-qur'an,juga berusaha menyetorkan hafalan satu juz saat guru menyuruh harus di storkan hafalannya satu juz sekaligus,mereka juga sabar dalam menahan rasa mengantuk ketika sedang punya tugas menyima'an di malam hari saat sedang di adakan sima'an al-qur'an.Pendidikan tahfizh al-qur'an berpengaruh terhadap internalisasi peserta tahfizh yaitu taat,disiplin terhadap aturan dan juga sabar menerima konsekuensi dari setiap kegiatan dan juga jujur atas amanah yang diberikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H125
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,68 hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya