Image of UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI AL-QUR'AN DAN HADIST DENGAN METODE PENDEKATAN TERJEMAH PERKATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA(PENELITIAN SISWA KELAS IX SMPIT TAHFIDZULQUR'AN) KOTA TASIKMALAYA

Text

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI AL-QUR'AN DAN HADIST DENGAN METODE PENDEKATAN TERJEMAH PERKATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA(PENELITIAN SISWA KELAS IX SMPIT TAHFIDZULQUR'AN) KOTA TASIKMALAYA



ABSTRAK
TRIWATI:1701293.UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI AL-QUR'AN DAN HADIST DENGAN METODE PENDEKATAN TERJEMAH PERKATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA(PENELITIAN SISWA KELAS IX SMPIT TAHFIDZULQUR'AN) KOTA TASIKMALAYA.
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena bahwa keberhasilan belajar sangat di pengaruhi oleh keterampilan. Observasi awal pelaksaan pembelajaran al-qur'an hadist di kelas IX SMPIT TQ menunjukan keterampilan dalam memahami al-qur'an belum maksimal, karena kurang di tekankannya dalam hal itu, guru kurang pandai dalam menggunakan metode atau strategi dalam mengajar. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk 1). mengetahui bagaimana keterampilan siswa dalam memahami al-qur'an hadist di SMPIT TQ 2). Mengetahui bagaimana implementasi metode pendekatan teerjemah dalam meningkatkan keterampilan memahami al-qur'an dan hadist 3). mengetahui bagaimana upaya metode pendekatan teerjemah dalam meningkatkan pemahaman al-qur'an yang di baca atau yang di hafal pada siswa kelas IX SMPIT TQ.Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana keterampilan siswa dalam memahami al-qur'an hadist di SMPIT TQ? 2). Bagaimana implementasi metode pendekatan terjemah dalam meningkatakan keterampilan memahami al-qur'an dan hadist ? 3). Bagaimana upaya metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan pemahaman al-qur'an yang di baca atau yang di hafal pada siswa kelas IX SMPIT TQ?. Dalam penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan di tinjau dari segi sifat-sifat data termasuk pada penelitian kuallitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk peneliltian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi dan dokumentasi. Analisa data di lakukan mulai dari reduksi data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data di lakukan triangulasi dan pembahasan sejawat. Hasil penelitian:1) keterampilan dalam menterjemahkan al-qur'an membutuhkan beberapa ilmu dan pendukung lainnya, seperti: nahwu,sharaf,geeramatika bahasa arab, linguistik,uslub,kosa kata, mengetahui kaidah-kaidah dan bahasa yang akan di terjemahkan seperti; bahasa baku,SPOK. 2). Metode pembelajaran yang di gunakan dalam menin gkatakan keterampilan memahami al-qur'an dan hadist, yaitu yang paling dominan adalah metode terjemah, di antaranya juga muncul metode ceramah, metode drill, dan metode demontrasi.3) upaya metode pendekatan terjemah dalam meningkatkan pemahaman al-qur'an yang di baca atau yangt dinhafal pada siswa kelas IX SMPIT TQ di antaranya praktik bahasa, memperdengarkan kosakata atau ceramah bahasa arab atau muratal al-qur'an dan menjadikan kegiatan menterjemahkan al-qur'an sebagai kegiatan yang menyenangkan, memiliki sikap yang bersungguh-sungguh, dan di siplin.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H134
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,65hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya