Image of STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM KITAB FATH AL-QARIB FI SYARH AL-FAZH AT-TAQRIB KARYA ABU ABDILLAH SYAMS AD-DIN MUHAMMAD QASIM AL-GHAZY

Text

STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM KITAB FATH AL-QARIB FI SYARH AL-FAZH AT-TAQRIB KARYA ABU ABDILLAH SYAMS AD-DIN MUHAMMAD QASIM AL-GHAZY



ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi telah ditemukannya data sistem pendidikan di indonesia selalu berubah sehingga dibutuhkan suatu pola pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pendidikan. Telaah teknologi pendidikan diantaranya tertuju pada pengembangan model atau pola pembelajaran yang mampu memberikan alternatif pemecahan masalah belajar. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis materi-materi pendidikan dalam kitab Fath Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarh Al-Fazh At-Taqrib karya Muhammad Qasim Al-Ghazy, untuk mengetahui metode Penyajian Materi pendidikan dalam kitab Fath Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarh Al-Fazh At-Taqrib karya Muhammad Qasim Al-Ghazy. Mengamati masalah yang diteliti, penulis menggunakan pendekat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi . Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakan (Libraray Research). Hasil Penelitian Menunjukan bahwa (1) Kitab Fath Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarh Al-Fazh At-Taqrib memuat 16 buah topik materi pembahasan termasuk diantaranya pembahasan yang dikuatkan dengan fadilah agar mengarah kepada penanaman pemahaman yang kuat.(2) Metode Penyampaian materi-materi bidang ibadah dalam kitab Fath Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarh Al-Fazh At-Taqrib cendurung didominasi o0leh metode utama, yaitu Mind Mappingatau Peta pikiran yang dapat digunakan pada situasi, kondisi tertentu seperti dalam pembuatan perencanaan , penyelesaian masalah, membuat ringkasan, membuat struktur pengumpulan ide-ide, untuk membuat catatan, kuliah, rapat, debat dan wawancara. Selain metode Mind Mapping metode lainnya yaitu metode Probles Based Learning atau PBL. (3) Urgensi memahami strategi pembelajaran dalam kitab Fath Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarh Al-Fazh At-Taqrib melestarikan dan menjaga tradisi pembelajaran ulama terlebih dahulu, hubungan pembelajaran dengan metode mengajar, hubungan pengalaman belajar dengan metode mengajar, kondisi-kondisi dalam pewncapaian belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H 135
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
X,88 hlm;30x21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya