Image of KORELASI PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DENGAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA DIBIDANG AGAMA PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI DKV 1 SMK NEGERI 3 KOTA TASIKMALAYA

Text

KORELASI PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DENGAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA DIBIDANG AGAMA PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI DKV 1 SMK NEGERI 3 KOTA TASIKMALAYA



Abdul Gopur Asmawi Saban. Korelasi pendidikan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah dengan prestasi siswa dibidang agama penelitian terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Skripsi : Program studi pendidikan agama islam sekolah tinggi agama islam (STAI) Tasikmalaya 2021.
Penelitian ini diangkat berdasarkan hasil observasi penulis, dimana saat ini banyak dari kalangan kita baik dari kalangan orang desa maupun orang kota yang jarang mengutamakan pendidikan anak-anak mereka itu terhadap pendidikan agama, nyatanya pendidikan agama itu sangatlah penting bagi kita selaku orang muslim yang menginginkan seorang anak yang sholeh maupun sholehah. Hal demikian itu terletak secara mendasar itu di madrasah diniyah, yang mana pendidikan diniyah ini sangan mendasari jiwa anak-anak kita dalam hal bergama bukan hanya dari segi pengetahuan agama namun juga disana terdapat pembelajaran yang dapat menguatkan akhlak, mental dan juga spiritual, dan pada akhirnya ketika anak-anak beranjak ke sekolah menengah sedikit besarnya anak-anak akan memahami dengan mata pelajaran agama yang tentunya akan membantu semangat belajarnya menuju prestasi belajar yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Tasikmalaya, yang bertempat di Jl.tamansari Gobras No.100 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif korelasi dimana dalam hal ini akan dikemukakan seberapa besar hubungan pendidikan diniyah takmiliyah awaliyah dengan prestasi siswa dibidang agama. Penelitian ini juga disajikan untuk mengetahui apakah ada hubungan dari pendidikan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah dengan prestasi belajar siswa dibidang agama terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Berdasarkan hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat hubungan atau adanya korelasi terhadap pendidikan Diniyah para siswa terhadap prestasi siswa dibidang agama terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan hasik uji hipotesis pada uji (T) terdapat hasil t hitung sebesar 5.290 sedangkan t-tabelnya sebesar 2.042, itu artinya terdapat hubungan antara pendidikan diniyah takmiliyah awaliyah terhadap prestasi siswa dibidang agama. Namun pada hasil uji f yang menguji hasil signifikasi dari hubungan pendidikan diniyah dengan prestasi hasil yang di dapat yaiu 0.965, sedangkaan signifikasi yang dibutuhkan yaitu kurang dari 0.05 itu artinya pendidikan diniyah inin berpengaruh namun tidak signifikan, ketidak signifikan disini dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi selain dari madrasah diniyah, yaitu antara lain seperti pendidikan di pondok pesantren, adanya ekstrakulikuler disekolah itu sendiri dan adanya faktor internal dari keluarga terutama orang tua.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H138
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,12/12 hlm; 21,5 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya