Image of DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI RUMAH TERHADAP MINAT BELAJAR

Text

DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI RUMAH TERHADAP MINAT BELAJAR



SILPI RAIHANI . 1701235 . DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI RUMAH TERHADAP MINAT BELAJAR

(Penelitian pada Proses Pembelajaran Online Quran Hadits Di Rumah bagi Siswa kelas VI MI Padamulya kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis)

Adanya perubahan sistem pembelajaran yang tadinya offline menjadi pembelajaran online di masa pandemi ini, tentunya merubah proses dan minat siswa dalam melakukan proses pembelajaran khususnya bagi siswa kelas VI MIS Padamulya kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran online Quran Hadits di rumah bagi siswa kelas VI MIS Padamulya kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis, tidak terkecuali dalam hal minat dan dampaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena masalah penelitian ini terjadi di masa sekarang. Jumlah siswa yang menjadi objek penelitian adalah 50 orang siswa yang menjadi sampelnya. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara , dan angket. Kemudian,data kedua variable penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dalam upaya mengetahui hubungan antara kedua variable penelitian. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya kualitas rata-rata yang baik dari variable proses pembelajaran online melalui aplikasi Zoom di MIS Padamulya kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis. Artinya, proses pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom memberikan pengaruh positif pada minat belajar agama terutama Quran Hadits di MIS Padamulya. Besarnya pengaruh positif terhadap siswa adalah 44,37%. Adapun nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh adalah sebesar 0,831 sebagai korelasi yang tinggi dan pada tarap signifikansi 5% melebihi nilai r dalam table sebesar 0,297. Kenyataan hasil penelitian ini membuktikan bahwa ditolaknya Ho yang menyatakan tidak ada hubungan dan sebaliknya membuktikan diterimanya Ha yang menyatakan ada hubungan antara kedua variable tersebut. Maka dari itu, semakin baik proses pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom, maka akan semakin baik pula minat belajar siswa di rumah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
H139
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x,66hlm;21,5x30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya