Detail Cantuman
Advanced SearchText
PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT DALAM AL-QUR'AN (Study Kasus di MI PUI Gunung Yuda Tasikmalaya)
Imas Herlina, 2023. "Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kedisiplinan Ibadah Shalat Dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 103 (Study Kasus di MI PUI Gunung Yuda Tasikmalaya)". Tests, Program Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tasikmalaya Pembimbing 1: Dr. Dedi Retno, M.Ag. Pembimbing II Dr. H. Asep A. Arsyul M., Lc., M.A.
Globalisasi mendorong pendidikan lebih siap menghadapi masa depan. Pemerintah Indonesia mengintegrasikan pendidikan karakter Islami di semua jenjang Pendidikan memainkan peran krusial membentuk karakter individu yang dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan peran orang tua dengan latihan serta pengembangan emosional Kesuksesan memerlukan keterampilan teknis dan sosial. Pendidikan karakter dan peran shalat memiliki peran penting mengajarkan disiplin, tanggung jawab, dan ketakwaan Implementasi pendidikan karakter yang positif berdampak pada perkembangan peserta didik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigası kedisiplinan dalam melaksanakan shalat di Madrasah Ibtidaiyah PUI Gunung Yuda Tasikmalaya Penulis bermaksud menggambarkan karakter peserta didik melalui kedisiplinan dalam shalat, dengan merujuk pada ayat 103 Surat An-Nisa dalam Al-Qur'an Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui kedisiplinan dalam shalat juga akan dianalisis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis lapangan di Madrasah Ibtidaiyah PUI Gunung Yuda Tasikmalaya selama 5 bulan. Data diperoleh dari literatur terkait. Sumber data primer berasal dari madrasah, sementara data sekunder diperoleh dari dokumen dan karya ilmiah. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan mereduksi data untuk mengidentifikasi hal-hal penting. Kesimpulan ditarik melalui verifikasi dan dapat berkembang sejalan dengan pengumpulan data lanjutan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Madrasah Ibtidaiyah PUI Gunung Yuda Tasikmalaya berhasil menerapkan kedisiplinan shalat. Faktor seperti jadwal ketat, fasilitas nyaman, dan dukungan guru serta orang tua berkontribusi. 2) Kedisiplinan shalat mempengaruhi karakter peserta didik, yaitu ketaatan terhadap agama, ketekunan dan konsistensi, peningkatan kecerdasan spiritual, kepatuhan pada waktu, kedewasaan dalam tanggung jawab, dan kehidupan seimbang 3) Faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan karakter, yaitu lingkungan yang mendukung, peran guru sebagai contoh, peran orang tua yang konsisten dan motivasi internal peserta didik.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Peserta Didik, Kedisiplinan Ibadah Shalat.
Ketersediaan
01175IMAp | 011.75 IMA p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 IMA p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain