Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH. (Penelitian di MI PUI Awiluar Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya).

AI SITI AISAH. - Nama Orang;

Abstrak

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH. (Penelitian di MI PUI Awiluar Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya).

Kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk membina jasmani kesehatan dan keterampilan (aspek psikomotor), membina akal (aspek kognitif) dan membina hati (aspek afektif). Tujuan tersebut akan tercapai, jika guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang melaksanakan ketiga aspek tersebut. Tindakan penerapan model pembelajaran memerlukan kesiapan diantaranya merumuskan tujuan, aspek yang dinilai dan menyiapkan model tersebut. Jika guru mampu mempersiapkan dan melaksanakan peranannya sebagai pendidik, maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang maksimal dalam kegiatan belajar mengajar, karena dengan peran guru tersebut, siswa akan terdorong untuk melakukan suatu kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pengaruhnya terhadap hasil belajar bidang studi Fiqih.

Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya mengenai konsep dasar model pembelajaran, prestasi belajar siswa dan usaha-usaha menumbuhkannya, hubungan antara peran guru sebagai pengajar dengan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan menurut jenisnya, untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment :
rxy =

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran CTL berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 72, hasil / prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi Fiqih berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 71. Terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,58 (berkategori cukup). Sumbangan pengaruhnya sebesar 33,64 %.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Malang : Gaung ersada Perss Group., 2010
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?