Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIO TUTORIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PADA MATA PELAJARAN FIQIH)


Berbicara mengenai proses pembelajaran dan pengajaran, kita menyadari bahwa ada siswa yang baik/mampu memiliki tingkat hapalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, namun kenyataan mereka sering kurang memahami dan mengerti secara mendalam pengetahuan yang bersifat hapalan tersebut. Untuk itu dalam pembelajaran diperlukan metode atau model yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, dengan pemilihan metode atau model yang tepat dan efektif sangat diperlukan guna mewujudkan hasil belajar yang baik. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran audio tutorial. Model audio tutorial merupakan proses belajar dengan memanfaatkan alat bantu audiovisual yang sangat membantu siswa untuk memahami pelajaran, dengan peralatan audiovisual dan petunjuk pembelajaran, memungkin peserta didik bekerja mandiri. Penelitian ini mempunyai tujuan pokok yaitu untuk mengetahui sejauh mkana pengaruh penerapan model pembelajaran audio tutorial terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran fiqih di MTs.Munawarotul Hidayah Cikalong . Yang menjadi dasar pemikiran pada penelitian ini adalah: bahwa untuk menarik perhatian siswa agar menyimak isi pesan yang di komunikasikan dalam pembelajaran dan untuk memperkaya imajinasi agar isi materi pembelajaran lebih dihayati oleh siswa adalah dengan cara model pembelajaran audio tutorial. Dengan metode atau model audio tutorial, peserta didik dapat melihat video atau mendengarkan tape sambil mengikuti tindakan manual pembelajaran, mejawab pertanyaan sebelum praktik kemudian melakukan keterampilan pratikum, dan akhirnya melakukan pengkajian terhadap apa saja yang sudah di lakukan. Hippotesis yang diajukan oleh penulis pada penelitian ini adalah: terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran audio tutorial terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam (pada mata pelajaran fiqih) di MTs.Munawarotul Hidayah Cikalong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pretess-Posttest (Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran audio tutorial yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan model pembelajaran audio tutorial. Masing masing kelas berjumlah 20 orang. Instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah tes berbentuk uraian yang telah diuji validitasnya dan reabilitasnya. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik. Adapun perhitungannya dilakukan dengan cara manual.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi C-33
C-33
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
C-33
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2016
Deskripsi Fisik
103 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?