Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL (MULOK) KEPESANTRENAN TERHADAP MOTIVASI IBADAH SISWA
(Penelitian di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL (MULOK) KEPESANTRENAN TERHADAP MOTIVASI IBADAH SISWA (Penelitian di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya)

ABDURRAHMAN BAEHAQI - Nama Orang;

Mata Pelajaran Muatan Lokal (Mulok) Kepesantrenan adalah mata pelajaran tambahan yang merupakan kewenangan pihak pengelola lembaga pendidikan sesuai dengan tujuan dan kompetensi yang diharapkan yang bersifat lokal, hal tersebut diakui dan dibolehkan oleh aturan yang berlaku dalam sistem tata kelola dan kurikulum satuan pendidikan. Diantara muatan lokal yang diajarkan di SMP Husnul Khotimah adalah mata pelajaran Al-Qur'an Tajwid, Fiqih, Tarikh, Tauhid dan Akhlak dengan menggunakan sumber-sumber serta rujukan dri kitab-kitab turats (kuning). Keterkaitan antara pembelajaran siswa dalam meningkatkan motivasi ibadah siswa di SMP Islam Husnul khotimah. Hal ini bisa dibuktikan bahwa para siswa akan semakin meningkatkan motivasi dalam beribadah dikarenakan mereka sudah mempunyai pengetahuan tambahan tentang ibadah melalui pelajaran mulok kepesantrenan. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang seberapa jauh pengaruh pembelajaran muatan lokal kepesantrenan terhadap motivasi ibadah siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana realitas proses pembelajaran mulok kepesantrenan, bagaimana realitas motivasi ibadah siswa, dan bagaimana pengaruh pembelajaran mulok kepesantrenan terhadap motivasi ibadah siswa di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya diambil melalui observasi, wawancara dan angket.
Realitas pengaruh kegiatan pembelajaran mulok kepesantrenan terhadap motivasi ibadah siswa diperoleh nilai sebesar 0,84 yang termasuk kategori tinggi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa derajat pengaruh pembelajaran muatan lokal kepesantrenan di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya (Variabel X) terhadap motivasi ibadah siswa (Varibel Y) diperoleh nilai sebesar 45,74%. Dengan demikian Hipotesis yang diajukan dapat diterima: "Semakin bagus/baik kualitas pembelajaran mulok kepesantrenan terhadap siswa, maka akan semakin bagus/baik pula motivasi ibadah siswa". Dari keseluruhan proses penelitian yang telah penulis lakukan mengenai pengaruh pembelajaran mulok kepesantrenan terhadap motivasi siswa akhirnya penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh pembelajaran mulok kepesantrenan terhadap motivasi ibadah siswa di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
C-331
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?