Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF (PENELITIAN PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RAUDLATUL QUR'AN KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA)
Penanda Bagikan

Text

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF (PENELITIAN PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RAUDLATUL QUR'AN KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA)

Ucu Hasanah - Nama Orang;

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa dekadensi moral semakin merajalela di negeri ini,dikalangan masyarakat,kaum muda,bahkan termasuk para siswa. Beberapa tindakan negatif yang sudah menjadi hal yang biasa oleh sebab itu pendidikan sikap serta nilai yang ada dalam diri manusia dikembangkan. Profesi guru sangat identik dengan peran mendidik seperti mebimbing,membina,mengasuh, ataupun mengajar.Guru harus memiliki upaya mengarahkan para siswa pada perilaku dan karakter yang positif agar memiliki potensi (nilai dalam diri) berupa fitrah sejak awal kehidupannya di dunia.Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah materi pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya 2) Bagaimanakah pelaksannan pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya 3) Bagaimana upaya guru dalam pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya? Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif,deskriptif,teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasai,wawancara,dn dokumentasi.Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data,reduksi data,display data dan penyajian data,data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimna analisis datanya dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk materi pendidikan karakter pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Qur'an Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya ialah materi PAI yang memerlukan pengajaran,keteladanan dan refleksi akhlak,ibadah,dan aqidah.Poin terpenting dalam pendidikan karakter adalah mengajarkan anak untuk berprilaku sesuai dengan fitrahnya sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah. Pelaksanan pendidikan karakter diorganisasikan sedemikian rupa dengan menentukan tema dan materi yang akan disampikan,kemudian diimplementasikan baik dikelas maupun di luar kelas dengan menggunakan proses belajar peserta didik secara aktif dan berpusat pada anak,dilakukan melalui kegiatan di kelas,sekolahan dan masyaraka. Upaya guru di madrasah ibtidaiyah Raudlatul Qur'an Sukaratu merupakan oendidikan karakter melalui metode pengajaran,keteladanan dan refleksi. Pelaksanaan pendidikan karakter tersebut yaitu melalui penciptaan iklim (budaya) sekolah yang islami.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-010
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?