Detail Cantuman
Advanced SearchText
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT AL-QUR'AN SURAT LUQMAN AYAT 12-14 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK PERJUANGAN KOTA TASIKMALAYA
Karakter ialah tabiat,watak,sifat-sifat kejiwaan,akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain.Yang membentuk karakter salah satunya adalah lingkungan sekolah. Melalui konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 12-14 dapat membentuk karakter peserta didik.Karena dalam pembelajaran tersebut menggunakan pendekatan-pendekatan yang memperhatikan perkembangan,minat dan kemampuan. Seperti pendekatan kontekstual,keanekaragaman,kecerdasan dan lain-lain. Namun dalam kenyataannya pembelajaran pai masih konvensional yang membuat peserta didik jenuh,bosan dan tidak mempunyai minat pada pelajaran selain itu pembelajaran masih menitik beratkan pada kognisi saja. Sedangkat yang dapat membentuk karakter peserta didik adalah keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi bahkan lebih dititik beratkan pada keta'atan prilaku. Oleh karena itu penelitian ini menyangkut masalah (1) Bagaimana konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 12-14 ? (2) Bagaimana sebab-sebab turun ayat Q.S Luqman ayat 12-14 ? (3) Bagaimana implementasi konsep pendidikan karakter menurut Q.S Luqman ayat 12-14 di SMK Perjuangan Kota Tasikmalaya ? Tuuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mencoba mengungkapkan secara komprehensif mengenai pembentukan karakter peserta didik melalui konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 12-14.Metode penelitian ini menggunakan metodelogi Dekriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana berupa pembahasan-pembahasan,hasil penelitian mengenai konsep pendidikan karakter dalam Al-Qur'an dari segi materi dalam surat Luqman ayat 12-14 adalah karakter religius yang terdiri dari : (a) Ayat 12 berisikan konsep karakter syukur (b) Ayat 13 berisikan konsep karakter iman (c) Ayat 14 berisikan konsep berbakti kepada orang tua. Hasil penelitian mengenai implementasi dalam pelajaran pai adalah : Adapun implementasi dari konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 12-14 yang dikembangkan di SMK Perjuangan adalah : konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 12 : Berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai,menengok siswa/siswi yang sakit,membaca hamdalah setelah kegiatan pembelajaran selesai,bersedekah setiap hari jumat, konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 13 : Rajin melaksanakan solat berjamaah,tadarus sebelum kegiatan belajar dimulai,tidak mencontek saat ulangan dimulai,konsep pendidikan menurut Q.S Luqman ayat 14 : Taat dan patuh terhadap perintah orang tua,taat dan patuh terhadap perintah guru,sopan santun dan lemah lembut terhadap orang tua dan guru,mendo'akan orang tua dan guru.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
E-014
|
Penerbit | Alfabeta : Malang., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain