Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERAN WALI KELAS SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (STUDI KASUS DI KELAS VII D MTS NURUL HUDA TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA)
Penanda Bagikan

Text

PERAN WALI KELAS SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (STUDI KASUS DI KELAS VII D MTS NURUL HUDA TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA)

Nina Nuraeni - Nama Orang;

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa wali kelas adalah guru yang diberi kepercayaan oleh kepala sekolah untuk mengelola kelas dan mengendalikan siswa dalam proses belajar mengajar . Oleh karena itu peran wali kelas sangat penting dalam membina dan memotivasi pada siswanya untuk membangun kreativitas belajar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah peranan wali kelas sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya ? 2) Bagaimanakah kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI dan 3) Bagaimanakah kendala-kendala wali kelas dalam memotivasi siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui peranan wali kelas sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya 2) Mengetahui kreativitas belajar siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI dan 3) Mengetahui kendala-kendala wali kelas dalam memotivasi siswa kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif mengembangkan konsep yang didasarkan atas data yang bersifat induktif dan lebih mengutamakan proses dari pada hasil. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif,yaitu serangkaian proses pengumpulan data,menganalisis data,menginterpretasikan data serta menarik kesimpulan yang berkenaan dengan data. Setelah diadakan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa wali kelas VII D MTs. Nurul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya telah menjalankan perannya sebagai motivator terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pengelola kelas yang dilakukannya,keterbukaan dan rasa empati,dukungan dan berfikir positif serta sikap kesetaraan dalam memperlakukan siswa telah membangkitkan motivasi kreativitas belajar siswa. Kreativitas belajar siswa kelas tersebut pada mata pelajaran SKI dikatakan cukup baik.Hal ini dibuktikan dengan pernyataan 68,40% (18 responden) memberikan tanggapan positif terhadap kreativits belajar pada mata pelajaran SKI dan 31,60% (9 responden) memberikan tanggapan negetif terhadap krestivitas belajar pada mata pelajaran SKI. Ada dua hal pokok yang menjadi kendala bagi wali kelas dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran SKI yaitu metodologi dan strategi pembelajran yang digunakan oleh guru dianggap monoton oleh siswa dan sarana pra sarana yang kurang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-015
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?