Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KONSEP PENDIDIKAN TAUHID ANAK MENURUT AL-QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 133 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJRAN PAI
Penanda Bagikan

Text

KONSEP PENDIDIKAN TAUHID ANAK MENURUT AL-QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 133 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJRAN PAI

Anita Oktavia - Nama Orang;

Penelitian ini diangkat berdasarkan pada fenomena yang sering diberitakan baik di media sosial maupun elektronik yang mengabarkan banyak anak yang sudah terjerumus ke dalam penyimpangan sosial seperti: mencuri, berzina, mabuk-mabukan dll. Dengan berbagai tantangan globalisasi yang semakin merajalela bisa membuat anak terjerumus dalam hal-hal syirik dan perbuatan dosa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan tauhid anak dalam surat Al-Baqarah ayat 133 dan implementasinya dalam pembelajaran PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yakni tafsir al-Maraghi, tafsir Al-Azhar, tafsir Jalalain dan tafsir Al-Misbah, sedangkan sumber data sekundernya yakni buku-buku yang berhubungan dengan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah ditemukan bahwa : 1) Konsep pendidikan Tauhid anak dalam surat Al-Baqarah ayat 133 ada tiga, yaitu : a) Kalimat “Am Kuntum syudaha’a iz hadara ya`qubal mautu” yang artinya : adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan tanda-tanda maut, b) kalimat “iz qala libanihi ma’tabuduna mim ba’di” yang artinya : apakah kalian menyaksikan ketika Nabi Ya`qub berkata kepada anak-anaknya, apakah yang kalian sembah sesudahku? Maksudnya pertanyaan Ya`qub ini hendaknya membaiat anak-ananknya agar mereka tetap teguh pada pendiriannya di dalam islam, ajaran tauhid dan segala perbuatan hanya kepada Allah, dan untuk mencari rida-Nya, c) kalimat “Qalu na’budu ilahaka wa muslimun”. Yang artinya : anak-anaknya Ya`qub menjawab, kami akan menyembah Tuhan yang telah kami ketahui keberadaan-Nya melalui bukti-bukti yang rasional, dan sekali-kali kami tidak akan berbuat musyrik terhadap-Nya?. 2) Implementasi / penerapan pendidikan tauhid anak yang paling utama yaitu pendidikan dari orang tu mengenalkan tauhid sejak dini memberi contoh yang baik kepada anak seperti: anak sering diajak kemesjid ikut shalat ikut mengaji, dll, karena pendidikan agama disekolah hanya bersifat membantu, terutama membantu dalam menambah pengetahuan anak. Memang, sekolah juga diharapkan dapat menanamkan iman dalam hati anak didiknya, tetapi kemungkinan berhasilnya amat kecil. Oleh karena itu, sekali lagi kerja sama sekolah dengan amat perlu, terutama dalam pendidikan agama anak 3) Adanya faktor pendukung dan penghambat impelementasi pendidikan anak, faktor pendukungnya yaitu pendidikan agama pada anak harus dilakukan dengan seimbang antara jasmani dan rohaninya. Semua bisa berjalan dengan lancar, bila anak mempunyai kepribadian yang sesuai dengan Al-Qur`an dan Hadits. Adapun yang menjadi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu faktor internal / dari keluarga sendiri dan faktor eksternal (luar).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-018
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?