Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA TASIKMALAYA

Rina Mariyana - Nama Orang;

Shalat termasuk ibadah mahdhah, yaitu ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah, oleh karena itu, shalat yang dikerjakan haruslah sesuai dengan yang diperintahkan. Namun pada kenyataannya peserta didik di MTs N 3 Kota Tasikmalaya khususnya kelas VII dalam melaksanakan shalat masih terlihat kurang tepat terutama gerakan shalatnya. Melihat kejadian tersebut maka perlu di lakukan proses belajar mengajar dengan memilih metode yang tepat yaitu menggunakan metode demonstrasi. Dengan metode demonstrasi peserta didik dapat melihat secara langsung gerakan shalat yang akan diperagakan oleh guru di dalam kelas sehingga mereka akan lebih faham. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yang pertama, seberapa besar kemampuan praktik shalat fardhu peserta didik pada kelompok kontrol, kedua, seberapa besar kemampuan praktik shalat fardhu peserta didik pada kelompok eksperimen, ketiga, adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan praktik shalat fardhu peserta didik di MTs. N 3 Kota Tasikmalaya. Peneltian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif parametrik dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitiannya yang pertama, kemampuan awal praktik shalat fardhu peserta didik pada kelas kontrol (03) sebesar 71,70 (71,70%). Sedangkan kemampuan akhir praktik shalat fardhu peserta didik pada kelas kontrol (O4) sebesar 76,03 (76,03%). Angka tersebut berada diantara 70 - 79 termasuk dalam kategori baik. Selisih antara kemampuan awal kelompok kontrol dengan kemampuan akhir kelompok kontrol sebesar 4,33%. Kedua, kemampuan awal praktik shalat fardhu peserta didik pada kelas eksperimen (O1) adalah 72,73 (72,73%). Angka tersebut berada antara 70-79 termasuk dalam kategori baik. Sedangkan kemampuan akhir praktik shalat fardhu peserta didik pada kelas eksperimen (O2) adalah 87,43 (87,43%). Angka tersebut berada diantara 80-100 termasuk dalam kategori sangat baik. Selisih antara kemampuan awal kelompok eksperimen dengan kemapuan akhir kelompok eksperimen sebesar 14,7%. Ketiga, terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan praktik shalat fardhu peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Didapatkan dari perhitungan uji-t, perbedaan selisih antara posttest kelompok eksperimen (O2) dan posttest kelompok kontrol (O4) adalah 11,400 (nilainya positif yang berarti posttest kelompok eksperimen (O2) lebih baik daripada posttest kelompok control (O4)), standar deviasi 10,750 dengan nilai t 5,809 dan p-value 0.000


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-022
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?