Detail Cantuman
Advanced Search
Text
IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 125 (KAJIAN TAFSIR TEMATIK) DI MADRASAH SABIILARROSYAD KAMPUNG SARIPIN
Istilah pendidikan erat kaitannya dengan obyek manusia sebagai sarananya. Bagi manusia pendidikan merupakan hal utama,terutama untuk kehidupannya disamping kebutuhan primer dan sekunder. Begitu banyak metode pendidikan digunakan demi menunjang berlangsungnya proses pembelajaran. Islam pun tidak melepas aspek pendidikan di dalamnya.Al-Qur'an begitu lengkap menyediakan berbagai aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Terdapat banyak metode pembelajaran dalam Al-Qur'an,salah satunya surat An-Nahl ayat 125.Ayat tersebut secara tersirat menerangkan tata cara dakwah. Namun dakwah memiliki kaitannya dengan pendidikan,sehingga ayat tersebut juga berlaku untuk metode pendidikan. Oleh karena itu skripsi ini memuat tentang implementasi konsep pendidikan islam yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125.Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data,penulis menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research) dan wawancara dengan sumber terkait. Hasil penelitian tentang implementasi konsep pendidikan islam yang erkandung dalam surat An-Nahl ayat 125 adalah terdapat 3 metode pembelajran dalam ayat tersebut yaitu; metode hikmah (perkataan yang bijak),metode mau'idhah hasanah (nasihat yang baik), dan metode jidal (debat atau diskusi yang baik). Ketiga metode tersebut dapat dijadikan konsep pendidikan islam, karena tiga metode tersebut mencakup kedaalam konsep dasar pendidikan yaitu berupa; tarbiyah,ta'lim,dan,ta'dib.Sebagai seorang guru muslim,alangkah lebih baiknya menggunakan metode yang tercantum dalam Al-Qur'an lebih dulu (terutam dalam surat An-Nahl ayat 125) dari metode-metode pembelajaran lainnya.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
E-030
|
Penerbit | Alfabeta : Malang., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain