Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ONE DAY ONE AYAT dalam MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA BAGI SISWA-SISWI MAGRIB MENGAJI di MASJID AR-RUQOYAH AWIPARI KOTA TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ONE DAY ONE AYAT dalam MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA BAGI SISWA-SISWI MAGRIB MENGAJI di MASJID AR-RUQOYAH AWIPARI KOTA TASIKMALAYA

MUHAMMAD FITYATUL HAQ - Nama Orang;

Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan) bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya (Desmita, 2009:96). Perkembangan kognitif anak menurut Slamet Suyanto (2005:95) adalah anak secara umum mengikuti pola dari perilaku yang bersifat refleks (tidak berpikir), sampai mampu berpikir secara abstrak dengan menggunakan logika tingkat tinggi. Dengan demikian anak berpikir dan memahami lingkungan merupakan perkembangan Kognitif. Beberapa ahli psikologi memandang perkembangan kognitif sebagai peningkatan pengetahuan dan penguasaan setiap kemampuan secara bertahap. Dari beberapa pengertian di atas dapat dipahami bahwa perkembangan Kognitif adalah kemampuan anak dalam berpikir, memahami dan mengingat juga termasuk dalam proses kognisi. Daya ingat merupakan alih bahasa dari memory. Daya ingat (memori) merupakan unsur inti dari perkembangan kognitif anak, sebab segala bentuk belajar selalu melibatkan memori. Para ahli memandang ingatan sebagai hubungan antara pengalaman dengan masa lampau. Suharnan dalam (Desmita,2009:121) menyatakan ingatan (memori) adalah proses penyimpanan atau pemeliharaan informasi sepanjang waktu. Aktivitas dan pribadi manusia tidak hanya ditentukan oleh pengaruh dan proses-proses yang berlangsung waktu kini, tetapi juga oleh pengaruh-pengaruh dan proses-proses di masa lalu. Drever (dalam Walgito,2004:145) menjelaskan memori adalah salah satu karakter yang dimiliki oleh makhluk hidup, pengalaman berguna untuk apa yang kita lupakan yang akan mempengaruhi perilaku dan pengalaman yang akan datang, yang mana ingatan itu meliputi recall (mengingat) dan recognition (mengenali) atau apa yang disebut dengan menimbulkan kembali ingatan. Penelitian mengenai metode One Day One Ayat untuk meningkatkan Daya Ingat anak penting untuk dikaji . Hal ini dimaksudkan agar guru memiliki banyak variasi dalam kegiatan pembelajaran serta mendapatkan pengetahuan baru dalam menggunakan metode One Day One Ayat untuk meningkatkan Daya Ingat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi magrib mengaji di masjid Ar-Ruqoyah Kota Tasikmalaya sebanyak 12 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes lisan dan dokumentasi. Instrumen peneltian yang digunakan adalah lembar penilaian tes lisan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila perhitungan persentase menunjukkan 78,3% dari 12 anak memiliki daya ingat pada kriteria Tinggi (T). Kondisi awal anak sebelum dilakukan tindakan menunjukkan sebagian besar anak pada kriteria Rendah (R) yaitu 50% berada pada kriteria Rendah (R) berkurang menjadi 25% pada tingkatan I, 33,33% berada pada Sedang (S) bertambah menjadi 58,33% pada tingkatan I. Selanjutnya, pada Siklus I yaitu 25% pada kriteria rendah (R) berkurang menjadi 0%, 16,67% berada pada kriteria Tinggi (T) meningkat menjadi 41,67% pada tindakan II, 58,33% berada pada tingkatan Rendah (R) berkurang menjadi 41,67% pada Tingkatan III dan 41,67% berada pada kriteria Tinggi (T) bertambah menjadi 58,33% pada tindakan III. Dengan demikian proses pembelajaran menghafal dengan metode One Day One Ayat dapat dikatakan berhasil karena dari 12 siswa-siswi 7 di antaranya telah mencapai indikator peningkatan daya ingat mereka pada kriteria Tinggi (T). Jadi dapat disimpulkan bahwa metode One Day One Ayat dengan modifikasi berbagai model dapat meningkatkan daya ingat bagi siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur'an.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-040
Penerbit
Malang : PT Grasindo., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?