Image of IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ONE DAY ONE AYAT dalam MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA BAGI SISWA-SISWI MAGRIB MENGAJI di MASJID AR-RUQOYAH AWIPARI KOTA TASIKMALAYA

Text

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ONE DAY ONE AYAT dalam MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA BAGI SISWA-SISWI MAGRIB MENGAJI di MASJID AR-RUQOYAH AWIPARI KOTA TASIKMALAYA



Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan) bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya (Desmita, 2009:96). Perkembangan kognitif anak menurut Slamet Suyanto (2005:95) adalah anak secara umum mengikuti pola dari perilaku yang bersifat refleks (tidak berpikir), sampai mampu berpikir secara abstrak dengan menggunakan logika tingkat tinggi. Dengan demikian anak berpikir dan memahami lingkungan merupakan perkembangan Kognitif. Beberapa ahli psikologi memandang perkembangan kognitif sebagai peningkatan pengetahuan dan penguasaan setiap kemampuan secara bertahap. Dari beberapa pengertian di atas dapat dipahami bahwa perkembangan Kognitif adalah kemampuan anak dalam berpikir, memahami dan mengingat juga termasuk dalam proses kognisi. Daya ingat merupakan alih bahasa dari memory. Daya ingat (memori) merupakan unsur inti dari perkembangan kognitif anak, sebab segala bentuk belajar selalu melibatkan memori. Para ahli memandang ingatan sebagai hubungan antara pengalaman dengan masa lampau. Suharnan dalam (Desmita,2009:121) menyatakan ingatan (memori) adalah proses penyimpanan atau pemeliharaan informasi sepanjang waktu. Aktivitas dan pribadi manusia tidak hanya ditentukan oleh pengaruh dan proses-proses yang berlangsung waktu kini, tetapi juga oleh pengaruh-pengaruh dan proses-proses di masa lalu. Drever (dalam Walgito,2004:145) menjelaskan memori adalah salah satu karakter yang dimiliki oleh makhluk hidup, pengalaman berguna untuk apa yang kita lupakan yang akan mempengaruhi perilaku dan pengalaman yang akan datang, yang mana ingatan itu meliputi recall (mengingat) dan recognition (mengenali) atau apa yang disebut dengan menimbulkan kembali ingatan. Penelitian mengenai metode One Day One Ayat untuk meningkatkan Daya Ingat anak penting untuk dikaji . Hal ini dimaksudkan agar guru memiliki banyak variasi dalam kegiatan pembelajaran serta mendapatkan pengetahuan baru dalam menggunakan metode One Day One Ayat untuk meningkatkan Daya Ingat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi magrib mengaji di masjid Ar-Ruqoyah Kota Tasikmalaya sebanyak 12 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes lisan dan dokumentasi. Instrumen peneltian yang digunakan adalah lembar penilaian tes lisan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila perhitungan persentase menunjukkan 78,3% dari 12 anak memiliki daya ingat pada kriteria Tinggi (T). Kondisi awal anak sebelum dilakukan tindakan menunjukkan sebagian besar anak pada kriteria Rendah (R) yaitu 50% berada pada kriteria Rendah (R) berkurang menjadi 25% pada tingkatan I, 33,33% berada pada Sedang (S) bertambah menjadi 58,33% pada tingkatan I. Selanjutnya, pada Siklus I yaitu 25% pada kriteria rendah (R) berkurang menjadi 0%, 16,67% berada pada kriteria Tinggi (T) meningkat menjadi 41,67% pada tindakan II, 58,33% berada pada tingkatan Rendah (R) berkurang menjadi 41,67% pada Tingkatan III dan 41,67% berada pada kriteria Tinggi (T) bertambah menjadi 58,33% pada tindakan III. Dengan demikian proses pembelajaran menghafal dengan metode One Day One Ayat dapat dikatakan berhasil karena dari 12 siswa-siswi 7 di antaranya telah mencapai indikator peningkatan daya ingat mereka pada kriteria Tinggi (T). Jadi dapat disimpulkan bahwa metode One Day One Ayat dengan modifikasi berbagai model dapat meningkatkan daya ingat bagi siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur'an.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-040
Penerbit PT Grasindo : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya